Tiga Rumah Tertimbun Longsor

PENANGANAN LONGSOR - Relawan PMI kabupaten Tegal melakukan kegiatan penanganan bencana tanah longsor di RT 04 RW 02 Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal

MAGELANGEKSPRES.COM,BUMIJAWA – Tiga rumah warga yang berlokasi di kaki Gunung Slamet tertimbun longsor. Tepatnya di Kecamatan Bojong dan Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Meski tidak ada korban jiwa, namun 9 orang mengalami luka-luka.

Informasi dari Tim Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal, peristiwa itu terjadi tidak bersamaan. Di Desa Rembul Kecamatan Bojong, satu rumah yang tertimbun longsor milik pasangan suami istri Sein dan Saroh. Itu terjadi pada Senin (15/2) sekitar pukul 05.10. Tidak ada korban jiwa maupun luka. Pemilik rumah hanya mengalami kerugian materi. Saat ini, pemilik rumah mengungsi ke tempat yang lebih aman. Kemudian di Kecamatan Bumijawa ada dua rumah yang tertimbun tebing longsor. Dua rumah itu berlokasi di Desa Bumijawa dan Guci.

“Untuk korban di Desa Bumijawa namanya Wahidin. Rumahnya rusak karena tertimbun tebing longsor setinggi sekitar 10 meter. Itu terjadi pada hari Sabtu (13/2) sekitar pukul 04.30. Tidak ada korban jiwa maupun luka,” kata Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo melalui Kepala Markas Sunarto, Senin (15/2).

Dia melanjutkan, sedangkan rumah longsor yang ketiga, berlokasi di Desa Guci. Rumah tersebut milik Rojikin dan Musafak. Bagian dapur mengalami rusak parah karena tertimbun tebing yang longsor. Bahkan, 9 orang mengalami luka-luka karena tertimpa material longsor. Dari 9 orang itu, 4 diantaranya merupakan anggota Sibat Guci yang sedang mengevakuasi para korban. Sedangkan 5 orang lainnya, merupakan keluarga korban.

“Waktu itu, anggota Sibat hendak memindahkan peralatan dapur yang sudah tertimbun longsor. Tiba-tiba ada longsor susulan dan menerjang mereka. Termasuk lima orang pemilik rumah juga mengalami luka-luka,” ujarnya.

Dia menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada Jumat (12/2) sekitar pukul 21.00 hingga 23.00. Kala itu, Desa Guci diguyur hujan deras dengan waktu yang cukup lama. Sehingga talut sungai kecil di belakang rumah korban longsor dan menimpa dapur rumahnya. Tebing di belakang rumah juga longsor yang mengakibatkan peralatan dapur rusak semua.

Artikel Menarik Lainnya :  Dulang Uang dari Ternak Kelinci Pedaging