Tiga Kabupaten Jalin Kerja Sama Bidang Pariwisata

TARI. Gabungan tiga tarian Soreng, Lengger dan Dolalak disingkat menjadi Tari Soledo menjadi kerjasama tiga daerah untuk meningkatkan pariwisata.
TARI. Gabungan tiga tarian Soreng, Lengger dan Dolalak disingkat menjadi Tari Soledo menjadi kerjasama tiga daerah untuk meningkatkan pariwisata.

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM Untuk meningkatkan kerja sama pada bidang Pariwisata, yaitu tiga kabupaten di dua provinsi saling bekerja sama. Dalam hal ini adalah Kabupaten Magelang dan Purworejo di Jawa Tengah, dan Kulonrogo di Jogyakarta.

Salah satunya adalah membuat terobosan melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang dan dua lainnya. Tujuannya untuk mempromosikan wisata.

Kepala Disparpora Kabupaten Magelang Slamet Ahmad Husein mengatakan, terobosoan tersebut yakni menciptakan satu atraksi budaya berupa tari yang diberi sebutan “Soledo” (Soreng, Lengger, Dolalak). Dimana tarian tersebut merangkum tarian tiga daerah yang disebut Gelang Projo tersebut.

Dimana tarian Soledo merupakan buah kerja bareng dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Purworejo.

“Tari Soledo sebagai atraksi budaya atau seni pertunjukan ini diproyeksikan sebagai sarana penguatan daya tarik destinasi wisata di tiga daerah bersangkutan,” ucap Husein pekan kemarin.

Dalam prosesnya, gerakan Tari Soledo tersebut digarap secara kolaborasi oleh penata tari dan penata musik pengiring dari tiga daerah berkepentingan. Secara tenis Tari Soledo bisa digelar secara kolosal atau dalam kelompok kecil (delapan personel). Durasinya hanya sekitar 10 menit.

“Jadi tarian itu masing-masing dari daerah 6 orang jadi total 18 penari. Dan pengiring musik masing-masing 3 orang dari masih-masih daerah. Tarian Soledo ini juga bisa dijadikan tarian pembuka atau penyambutan,” papar Husein.

Husein mengatakan bahwa tarian Soledo ini sudah soft lounching beberapa waktu lalu di Bandara YIA yang dihadiri dari Kemenparekraf.

“Rencana Tari Soledo akan di launching di gerbang Kapal Samudera Raksa tepatnya di perbatasan Magelang-Kulon Progo. Tetapi itu baru sebatas wacana karena untuk realisasinya hingga sejauh ini masih dalam proses pembahasan bersama,” pungkas Husein.(cha)