BPBD Temanggung: Sejumlah Desa Mulai Kekurangan Air Bersih

DROPING. Petugas BPBD Temanggung mendistribusikan bantuan air bersih di Desa Tlogopucang Kecamatan Kandangan, kemarin. (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)
DROPING. Petugas BPBD Temanggung mendistribusikan bantuan air bersih di Desa Tlogopucang Kecamatan Kandangan, kemarin. (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung mulai mendistribusikan bantuan air bersih ke sejumlah desa di Kabupaten Temanggung yang mulai kekurangan air bersih.

Kepala BPBD Temanggung Totok Nur Setyanto mengatakan, dalam beberapa hari terakhir ini, sejumlah desa sudah mulai mengajukan permintaan bantuan air bersih. Permintaan tersebut disampaikan melalui surat permohonan yang langsung ditujukan kepada BPBD.

“Sudah ada beberapa desa yang mengajukan permintaan bantuan air bersih,” terangnya, Selasa (27/7).

Ia menyebutkan, setidaknya bantuan air bersih sudah didistribusikan di Dusun Wonosari dan Dusun Clemik Desa Tlogopucang Kecamatan Kandangan. Selain itu juga didistribusikan di Dusun Dampit, Logede, dan Dusun Mranggen Desa Losari Kecamatan Tlogomulyo.

“Untuk sementara ini baru di daerah tersebut, bantuan langsung kami distribusikan,” jelasnya.

Bantuan air bersih ini akan langsung diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan, dengan syarat masyarakat melalui kepala desa mengajukan permohonan bantuan.

“Setelah permohonan kami terima, distribusi bantuan air bersih akan langsung kami berikan untuk mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat,” ujarnya..

Menurutnya, survei untuk mengetahui kondisi langsung masyarakat yang membutuhkan bantuan air akan dilakukan bersamaan dengan distribusi bantuan.

“Jadi ketika masyarakat mengajukan permohonan bantuan, langsung akan kami kirim. Dari surat permohonan itu sudah menunjukkan bahwa masyarakat memang sudah benar-benar membutuhkan bantuan air bersih,” katanya.

Lebih lanjut Totok mengimbau, bagi masyarakat Temanggung yang memang sudah benar-benar kekurangan air bersih, untuk segera mengajukan permohonan, sehingga pihaknya bisa langsung melakukan tindakan.

“Saat ini sudah tersedia 3 armada untuk menyalurkan bantuan, harapan kami armada ini cukup untuk memenuhi kebutuhan,” tandasnya. (set)

Artikel Menarik Lainnya :  Reaksi Kuda Lumping dan Topeng Ireng Saat Jalani Vaksinasi Covid-19