Yayasan MS Potong 115 Kambing, Disalurkan ke Kota dan Kabupaten Magelang

MENGULITI. Salah seorang sedang menguliti kambing
MENGULITI. Salah seorang sedang menguliti kambing

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG– Kebaikan tak henti ditebarkan Yayasan Manajemen Silaturahim (MS). Momen Idul Adha 1441 Hijriah tahun ini menyalurkan hewan kurban berupa 115 ekor kambing untuk didistribusikan ke Kabupaten dan Kota Magelang.

Sebelum dibagikan ke warga, penyembelihan dipusatkan di Pondok Al Barokah Dukun Magelang, Ahad (2/8/2020). Kemudian diangkut panitia lokal untuk dilakukan pemotongan dan pembagian.

“Kami menyalurkan hewan kurban kepada daerah-daerah yang membutuhkan seperti pondok pesantren, dan panti sosial,” kata Pembina Yayasan MS, Koco Parwoto.

Hewan tersebut diantaranya disalurkan ke Pondok Al Barokah Merapi, Pondok Al Faruq Kajoran, Panti Asuhan Kumuda Putra Putri Magelang, Salaman, Kaliangkrik, Magelang Selatan, Magelang Tengah, Bandongan hingga Srumbung.

“Kami memenej Hewan kurban dari ICTSS Singapura, sebuah komunitas muslim, untuk kemudian kami salurkan. Yayasan MS bekerja sama dengan ITCSS Singapura cq. Mr Mohamad Zulfikar,” jelasnya.

Baca Juga
Polisi Bekuk Sepuluh Tersangka Curanmor, Selama Operasi Sikat Jaran Candi

Dijelaskan, penyembelihan dipusatkan di Dukun, hal ini tidak lain Pondok Al Barokah merupakan mitra Yayasan MS yang mengelola anak yatim, piatu, yatim piatu, dhuafa dan mualaf yang dididik menjadi penghafal Alquran.

“Ini sesuai dengan sasaran program kerja Yayasan Manajemen  Silaturahim,” terang pria berkacamata ini.

Selama lima tahun ini, setiap Idul Adha, Yayasan MS melakukan penyembelihan hewan kurban. Tahun 2015 digelar di Kecamatan Bandongan, tahun 2017 dan 2018 digelar di Kajoran, tahun 2019 dan 2020 digelar di Dukun.

“Rata-rata yang kita sembelih dan disalurkan, di atas 100 ekor kambing,” tambah Ketua Yayasan MS, Setya Aji.

Salah satu penerima manfaat warga Desa Margoyoso, Kecamatan Salaman. Di desa yang menjadi perbatasan Magelang dan Purworejo tersebut dibagikan untuk masyarakat yang membutuhkan.

Artikel Menarik Lainnya :  Gila! Korban Dukun Sianida Bertambah Lagi, Polres Magelang Terus Dalami Kasus, Harapan Tidak Ada Korban Lainnya

“Ini perlu dilanggengkan bersama. Ada yang berkurban. Ada yang siap menyalurkan. Bentuk kerja sama yang baik antar umat Islam,” kata Kades Margoyoso, Adi Daya Perdana.

Sementara itu, penyelenggaraan pemotongan hewan kurban juga dilakukan di Desa Margoyoso. Itu dilakukan di Masjid Al-Asyfiya, ada dua ekor sapi, 20 kambing, tujuh domba. Di Masjid Nurul Falah Kalisari, ada satu sapi, empat kambing, dua domba.

Lalu di Masjid Nur Rohmah Tobong, ada satu sapi dan satu kambing. Di Masjid At-Taqwa, ada 10 sapi, tiga kambing kurban,  tiga kambing aqiqah. Kemudian di Musala Shubulul Kahfi, ada dua kambing kurban dan satu kambing aqiqah. (rls)