Wisuda Unsiq ke 39 Berlangsung Senyap, Tidak Disaksikan Orang Tua

BERPRESTASI. Wisudawan terbaik dan berprestasi foto bersama dengan pimpinan Unsiq Jateng di Wonosobo
BERPRESTASI. Wisudawan terbaik dan berprestasi foto bersama dengan pimpinan Unsiq Jateng di Wonosobo

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO- Universitas Sains Alquran (Unsiq) Jateng di Wonosobo menggelar wisuda ke 39 bagi 452 lulusan, Rabu (26/8), di ruang terbuka halaman kampus setempat. Kesempatan ini menggunakan protokol kesehatan ketat, tanpa dihadiri orang tua atau sanak saudara.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena masih dalam pandemi global Covid-19. Suasana prosesi wisuda benar-benar senyap namun tetap berlangsung khidmat. Tidak ada ingar-bingar dan keramaian antar wisudawan maupun keluarganya. Untuk mengurangi keramaian, wisuda digelar secara bertahap.

Satu persatu peserta wisuda langsung meninggalkan tempat setelah dilakukan pengalihan koncer oleh Rektor Unsiq dan Dekan masing-masing fakultas. Kursi tempat wisudawan duduk pun langsung kosong ditinggalkan para wisudawan.

Ceremonial wisuda selesai begitu semua wisudawan-wisudawati telah dilakukan pengalihan koncer. Sebelum prosesi wisuda dimulai, semua lulusan mengucapkan sumpah dan janji wisudawan yang harus dijaga demi menjunjung tinggi nama baik almamater.

Rektor Unsiq Jateng, Dr KH Mukhotob Hamzah MM berpesan agar lulusan yang baru saja diwisuda menerapkan ilmu yang telah didapatkan di kampus pada masyarakat di daerah masing-masing.

“ Tingkatkan terus kapasitas keilmuannya meski nanti sudah tidak lagi kuliah,” pintanya.

Menurutnya, sejak berdirinya Unsiq memang memiliki visi terwujudnya universitas tranformatif, humanis dan qurani. Unsiq menyajikan model pendidikan berbasis pesantren yakni lembaga pendidikan tinggi yang memadukan antara mutiara pesantren dan pendidikan moderen. Sehingga, menghasilkan insan yang berkualitas dalam aspek intelektualitas, moralitas dan aktifitas.

Sementara itu, Ketua Panitia Wisuda ke-39 yang juga Wakil Rektor I Unsiq Jateng di Wonosobo, Dr H Zaenal Sukawi MA, melaporkan wisuda bagi 452 lulusan dibagi dalam dua tahap, pagi dan siang. Pagi mulai jam 08.00-11.00 WIB dan selesai pukul 10.00 WIB.

Artikel Menarik Lainnya :  Bupati Wonosobo Tegaskan Komitmen Bangun Pemerintahan Terbuka dan Inovatif

“Wisuda pagi bagi 219 lulusan berasal dari FPS, FITK, FKSP, FSH dan FBS dan sisanya Wisuda siang dijadwalkan mulai jam 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Diperkirakan sebelum jam 15.00 WIB wisuda sudah selesai. Ada 233 lulusan dari FTIK, FBS dan FIK yang akan di wisuda tahap II nanti,” terangnya.

Menurutnya, untuk menghindari penyebaran covid 19, semua wisudawan diukur suhu tubuhnya, wajib memakai masker, faceshield, cuci tangan, gunakan sarung tangan, dan masuk bilik disinfektan. Selain itu proses wisuda dipersingkat.

“Jadi protokol kesehatan benar-benar kita jalankan, termasuk menjaga jarak antara peserta, tidak dihadiri orang tua atau saudara,” ujarnya.

Wisudawan sebanyak 452 orang tersebut berasal dari program Pasca Sarjana Magister Pendidikan Islam sebanyak 12 orang dan Magister Ilmu Alquran dan Tafsir sebanyak 2 orang. FITK Pendidikan Agama Islam sebanyak 65 orang, Pendidikan Fisika sebanyak 7 orang , Pendidikan Bahasa Arab sebanyak 31 dan PIAUD  sebanyak 19 orang.

Adapun dari FBS Sastra Inggris 17 orang, FTIK Tehnik Informatika 36 orang, Arsitektur 4 orang , Managemen Informatika D3  sebanyak 5 orang,  Tehnik Mesin 6 orang  dan FIK Kebidanan D3 sebanyak 17 dan Keperawatan D3  sebanyak 85. Sedangkan Wisudawan comlaude sejumlah 209 orang dan lulusan berpredikat sebagai hafidz-hafidzoh 137 orang.

Selanjutnya, FKSP Komunikasi dan Penyiaran Islam 19 orang, FSH Ahwalus Syahsiah 9 orang, Hukum Ekonomi Syariah 13 orang, Ilmu Hukum 4 orang, Ilmu Quran dan Tafsir 14 orang  dan Perbankan Syariah 7 orang,  FEB Managemen 39 orang dan Akutansi 41 orang. (gus)