Wisata Paling Hits di Magelang Bernama Silancur Highland

Silancur Highland
Wisata Hits di Magelang

MAGELANG – Silancur Highland, sesuai namanya, tempat wisata yang masuk 10 tempat wisata paling hits di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada tahun 2019 ini, kini makin diminati masyarakat. Terlebih di akhir pekan, tempat wisata panorama sunrise dan sunset itu selalu dipenuhi tenda-tenda camp.

Silancur berada di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, merupakan tempat wisata di atas lahan milik pribadi. Setelah mengalami perbaikan, taman yang semua disebut Gardu Pandang Silancur (GPS) itu kini berubah menjadi sarana wisata yang memanjakan mata.

Silancur Highland

Sang pemilik tempat wisata, Sujarwo mengatakan, awal mula dibangun Silancur berupa gardu pandang yang berada di atas bukit. Dari gardu pandang itu warga bisa menyaksikan Kota Magelang dari kejauhan. Juga lima gunung yang terlihat jelas seperti Sumbing, Merapi, Merbabu, Andong, dan Telomoyo.

“Tahun 2016 saya mulai merintis tempat wisata ini, mulai dari menyusun bambu, dan menata taman dengan bunga-bunga,” kata Sujarwo.

Saat membuat tempat wisata yang awalnya hanya lahan pertanian itu, Sujarwo hanya dibantu anaknya, Riko Sujatmiko. Ia mengaku menghabiskan dana sekitar Rp40 juta.

“Saya ikuti perkembangan di instagram, apa yang sebenarnya sedang dicari-cari masyarakat. Lalu kertemu, taman bunga, dan pemandangan indah ketika fajar tiba. Rupanya itu juga yang selalu jadi dambaan penikmat wisata. Yang terbanyak adalah kalangan fotografer,” ucapnya.

Pria empat anak itu menambahkan, seiring berjalan, Silancur terus mencari skema terbaik. Kini, bahkan Silancur Highland memiliki wahana permaiman pemacu adrenalin flying fox.

Untuk dapat menikmati sajian ekstrem itu, pengunjung dapat merogoh kocek sebesar Rp15 ribu. Panjang dari flying fox ini sekitar 50 meter.

Silancur Highland
Silancur Highland

“Kita juga perhatikan kondisi kesiapan dari calon pengguna flying fox. Kalau ragu sebaiknya jangan,” ujarnya. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  Polisi Bongkar Pabrik Obat Kuat Ilegal di Jogjakarta, Beromzet 2M Per Hari