Waspadai Aktivitas Berpotensi Kebakaran

TERBAKAR. Dapur rumah milik seorang warga di Desa Luweng Kidul Kecamatan Pituruh hangus terbakar akibat api tungku menjalar saat ditinggal pergi, kemarin. (Foto: eko)
TERBAKAR. Dapur rumah milik seorang warga di Desa Luweng Kidul Kecamatan Pituruh hangus terbakar akibat api tungku menjalar saat ditinggal pergi, kemarin. (Foto: eko)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Masyarakat di Kabupaten Purworejo diimbau untuk berhati-hati dan waspada terhadap segala aktivitas yang berpotensi menimbulkan kebakaran. Contohnya membakar sampah di lahan terbuka tanpa ditunggui serta meninggalkan rumah yang terdapat tungku atau kompor gas dalam kondisi berapi.

Imbauan itu disampaikan oleh Kapolsek Pituruh, AKP Sapto Hadi, menyusul adanya insiden kebakaran rumah milik Nasiyo, warga Desa Luweng Kidul Kecamatan Pituruh pada Kamis (5/8) kemarin.

“Kami mengimbau agar masyarakat dapat selalu hati-hati dengan aktivitas yang berhubungan dengan api. Apalagi yang berpotensi menyebabkan kebakaran,” katanya, Jumat (6/8).

Disebutkan, peristiwa kebakaran yang menghanguskan dapur rumah Nasiyo terjadi sekitar pukul 06.30 WIB. Saat itu, anak dari korban merebus air di tungku rumah dengan menggunakan kayu bakar. Usai merebus air anak tersebut menjemput putrinya ke sekolah.

Salah satu saksi mata Mardi merupakan tetangga korban sekitar pukul 10.00 yang sedang menjemur gabah memberi tahu bahwa rumahnya mengalami terbakar. Sontak, ia langsung meminta tolong bersama warga untuk membantu memadamkan api dengan menggunakan air sumur milik tetangga hingga api berhasil dipadamkan.

“Kebakaran diduga karena setelah selesai merebus air, bara api di dalam tungku masih menyala dan menjalar ke tumpukan kayu yang berada di dekat tungku,” sebutnya.

Mendapati adanya laporan, anggota Polsek langsung menuju lokasi untuk melakukan pemeriksaan TKP.

“Tidak ada korban jiwa, tapi sebagian dapur terbakar dan mengalami kerugian kurang lebih sepuluh juta rupiah,” ungkapnya.

Beberapa waktu lalu, himbauan senada juga disampaikan oleh Kasi Damkar Kantor Satpol PP Damkar Purworejo, Rubino. Pihaknya berharap warga dapat selalu menyadari adanya potensi kebakaran dalam berbagai aktivitas. Jangan membakar sampah, khususnya di lahan terbuka tanpa pengawasan, karena dapat membahayakan keselamatan masyarakat dan lingkungan.

Artikel Menarik Lainnya :  25 Produk Inovatif Bersaing dalam Lomba Krenova Purworejo 2021

Masyarakat juga diminta untuk lebih waspada dan memperhatikan jaringan listrik di sekitarnya. Hal itu untuk mengantisipasi dan meminimalisasi terjadinya kebakaran akibat korsleting.

“Segera perbaiki jika ada jaringan listrik yang tampak tidak berfungsi normal, khususnya di gedung perkantoran,” tandasnya. (top)