Warga Kauman Utara Gelar Belanja Gratis, Bantu Warga Terdampak Covid 19

INISIATIF. Salah satu inisiatif dari Warga Kampung Kauman Utara RW 14 menggelar sebuah gerakan Belanja Gratis untuk membantu warga lain,
INISIATIF. Salah satu inisiatif dari Warga Kampung Kauman Utara RW 14 menggelar sebuah gerakan Belanja Gratis untuk membantu warga lain,

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Warga Kampung Kauman Utara RW 14 menggelar sebuah gerakan Belanja Gratis yang berasal dari warga dan untuk warga di kompleks Masjid Al Mansur, Kauman, Jumat pagi (5/6). Belanja tersebut merupakan inisiatif warga setempat dengan cara membantu mereka yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan harian. Mengingat banyak warga yang kehilangan penghasilan akibat pembatasan aktifitas beberapa pekan terakhir.

Warga yang membutuhkan bisa mengambil cuma-Cuma tanpa membayar alias gratis, namun seperti halnya orang berbelanja, bisa mengambil sesuai kebutuhan.

Menurut salah satu warga, Haqqi EL Anshary, para warga mendonasikan sayuran, berbagai macam lauk-pauk, dan makanan pokok untuk mereka yang membutuhkan dan digelar terbuka di halaman masjid. Siapapun diperbolehkan untuk mengambil dan diharapkan bisa meringankan beban harian mereka tanpa merasa malu karena itu adalah bentuk solidaritas untuk ketahanan pangan.

“Ini memang diperuntukan bagi mereka yang terdampak secara ekonomi, untuk pemenuhan kebutuhan makan harian, apalagi kondisi belum pulih. Ini sudah dua kali dilakukan dan harapan kami akan dilakukan lagi,” ungkapnya.

Dijelaskan Haqqi, itu adalah sebentuk gerakan Rakyat Bantu Rakyat. Mengingat inisiatif warga kampung Kauman Utara RW 14 adalah sebuah gerakan sosial yang diharapkan bisa menjadi salah satu cara meringankan beban mereka yang terdampak covid 19.

“Ini juga sebuah pembelajaran bahwa ada hikmah di setiap musibah. Sebagai bentuk solidaritas sesama warga. Mereka yang berkecukupan dan berlebih bisa membantu yang sedang kekurangan,” imbuhnya. (win)