Walikota Magelang Minta SDM Koperasi Terus Berinovasi

PELATIHAN. Walikota Magelang Sigit Widyonindito membuka pelatihan manajeman pengelolaan koperasi pada kegiatan Peningkatan Kapasitas Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (UKM) di Hotel Atria Magelang
PELATIHAN. Walikota Magelang Sigit Widyonindito membuka pelatihan manajeman pengelolaan koperasi pada kegiatan Peningkatan Kapasitas Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (UKM) di Hotel Atria Magelang

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG  – Walikota Magelang Sigit Widyonindito berharap sumber daya manusia (SDM) koperasi senantiasa mampu berinovasi dan melahirkan terobosan strategis. Pasalnya, menurutnya, koperasi yang demikian dapat mengangkat usaha kecil dan menengah (UKM) juga ekonomi kerakyatan.

Hal itu dikatakan Sigit dihadapan para peserta pelatihan manajemen pengelolaan koperasi pada kegiatan Peningkatan Kapasitas Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (UKM) di Hotel Atria Magelang, Selasa (4/8).

Terobosan dan inovasi yang dimaksud agar koperasi bisa bersaing dengan lembaga keuangan profesional lainnya di era kompetisi terbuka saat ini. Hal ini penting agar sebutan koperasi sebagai saka guru atau tiang utama perekonomian masyarakat benar-benar terealisasi.

“Koperasi di Indonesia sudah ada sejak 73 tahun lalu, secara kuantitas tambah banyak, tapi di era kompetisi terbuka saat ini koperasi harus dan tak ketinggalan,” katanya.

Menurutnya, koperasi yang maju, akan membuat UMKM kuat, dan masyarakat pun berkembang taraf perekonomiannnya.

“Contohnya kita punya BPR Bank Magelang yang bersaing dengan BPR-BPR swasta. Saya motivasi, layani rakyat, membantu koperasi, UMKM, KUB, supaya ekonominya meningkat,” paparnya.

Baca Juga
Tambah 4 Lagi, Kasus Positif Corona di Kota Magelang Jadi 57

Sigit mengakui tantangan saat ini semakin berat. Pengurus koperasi harus memiliki komitmen tinggi dan mampu merumuskan strategi menghadapi pergerakan ekonomi terkini.

Pada kesempatan itu, Sigit juga meminta peserta pelatihan untuk bersungguh-sungguh mengikuti di setiap materi, dapat berdiskusi, dan tidak segan bertanya kepada ahlinya. Ia berharap pergerakan koperasi di Kota Magelang bisa sampai pada level tertinggi.

“Jangan ragu bertanya, berdiskusi, bagaimana memajukan koperasi, merumuskan pergerakan ekonomi di Kota Magelang dan bagaimana menyejahterakan anggotanya. Ini yang menjadi PR bersama,” ungkap Sigit.

Artikel Menarik Lainnya :  Anggota DPR Cantik Ini Mendorong Magelang Meningkatkan Ekspor Komoditas Holtikultura

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang Catur Budi Fajar Sumarmo memaparkan pelatihan manajeman pengelolaan koperasi pada kegiatan peningkatan kapasitas koperasi dan Usaha Kecil Menegah (UKM) diadakan mulai 4-6 Agustus 2020.

“Melalui pelatihan ini diharapkan pengetahuan dan keterampilan pengurus dan pengelola koperasi dapat meningkat, omzet koperasi serta meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” terang Catur.

Kegiatan yang diikuti oleh 30 orang pengurus koperasi di wilayah kota Magelang ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM agar lebih berkembang. Adapun pemateri ya ng dihadirkan pada kegiatan ini adalah dari LPAS LBB Cendekia Jogjakarta, Giarso dan M Ardi. (wid)