Walikota Apresiasi Vaksinasi Drive-Thru RSJ Soerojo

APRESIASI. Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz mengapresiasi inovasi RSJ Prof Dr Soerojo yang menerapkan vaksinasi drive-thru . (foto : wiwid arif/magelang ekspres)
APRESIASI. Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz mengapresiasi inovasi RSJ Prof Dr Soerojo yang menerapkan vaksinasi drive-thru . (foto : wiwid arif/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz turut mengapresiasi inovasi vaksinasi Covid-19 drive-thru yang dilakukan oleh RSJ Prof Dr Soerojo Magelang. Terobosan ini dianggap bisa membantu percepatan vaksinasi nasional. ”Inovasi ini luar biasa, terobosan vaksinasi ‘Soerojo Saomah’ sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan, dan membantu percepatan vaksinasi yang digalakkan pemerintah,” katanya, Rabu (4/8).

Menurutnya, saat ini vaksinasi begitu mudah didapat masyarakat umum dengan syarat dan ketentuan yang mudah pula. Tidak seperti ketika awal program vaksinasi dilaksanakan pemerintah.

Dirinya berharap, vaksinasi ini bisa menekan laju penyebaran Covid-19, khususnya di Kota Magelang. Angka kematian juga bisa berkurang, sehingga ke depan kehidupan masyarakat bisa normal kembali. ”Ini cara kita bertahan, yakin 2 tahun lagi kita mampu melewati pandemi ini. Masyarakat Kota Magelang sudah divaksin sekitar 65 persen, mudah-mudahan bisa naik setidaknya 75 persen,” ungkapnya.

Ia pun mendorong seluruh elemen masyarakat untuk kompak dan program-program pemerintah berhasil dalam menangani pandemi Covid-19 ini.

Sementara itu, Direktur Utama RSJ Prof Dr Soerojo, dr Rukmono Siswishanto menuturkan, sebagai rumah sakit vertikal dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, pihaknya mendapat tugas untuk ikut menyukseskan percepatan vaksinasi.

Ia menjelaskan, vaksinasi drive-thru merupakan salah satu cara agar percepatan vaksinasi itu tercapai. Pihaknya juga telah melaksanakan vaksinasi ke daerah binaan dan vaksinasi rutin.

Kali ini sasaran vaksin adalah masyarakat umum minimal usia 12 tahun, dan diprioritasnya keluarga serumah. Itu lah sebabnya vaksinasi ini bertajuk Soerojo Saomah. Adapun total alokasi vaksin yang disediakan sebanyak 1.200 dosis.”Konsep Saomah ini penting karena klaster (penyebaran Covid-19) terbanyak berasal dari keluarga. Dengan vaksinasi ini mudah-mudahan masyarakat bisa terlindungi, herd immunity masyarakat bisa tercapai, setidaknya 70 persen,” ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Masih Pandemi, Haul Syekh Subakir Diadakan Sederhana

Disamping itu, vaksinasi ini juga menyasar ibu hamil, karena faktanya Covid-19 juga menyerang ibu hamil. Bahkan, angka kematian ibu hamil dan janinnya tinggi beberapa waktu terakhir.

Rukmono pun berharapan kolaborasi antar-satuan kerja (Satker) di Kota Magelang semakin erat agar program-program pemerintah berjalan sukses dan lancar. Dengan demikian, angka Covid-19 bisa terus ditekan. (wid)