Wali Kota Magelang Kukuhkan Pengurus FK Metra dan KIM

Wali Kota Magelang Kukuhkan Pengurus FK Metra dan KIM

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG -Wali Kota Magelang, dr H Muhammad Nur Aziz SpPD mengukuhkan Pengurus Forum Komunikasi Media Tradisional (Fk Metra) Periode 2019-2024 dan Pengurus Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Periode 2017-2021 Kota Magelang Kamis (18/3) di Ruang Sidang Lantai 2 Setda Kota Magelang. Ketua FK Metra adalah Totok Budiyono dan Ketua KIM Kota Magelang dijabat oleh Darkam.
Dalam sambutannya Aziz meminta Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan forum yang memperkuat sinergi dan kolaborasi sebagai sarana positif mitra Pemerintah Daerah dalam upaya diseminasi informasi program dan hasil-hasil pembangunan melalui media tradisional maupun digital. Wali Kota mengatakan jika proses pembangunan tidak dapat berjalan lancar apabila tidak merengkuh seluruh lapisan masyarakat.

“Kelompok Informasi Masyarakat dan FK Metra memiliki andil besar dalam diseminasi informasi sekaligus media difusi inovasi. Hal tersebut sesuai dengan marwah KIM sebagai lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat, yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhannya,” tuturnya.

Baca Juga
Diterpa Hujan Angin, Atap Sejumlah Rumah Warga di Magelang Berhamburan

Aziz menambahkan di era serba digital saat ini seluruh informasi tidak mutlak diakses hanya dengan teknologi informasi saja, karena cara menangkap sebaran informasi di masing-masing individu, lingkungan, maupun komunitas dan lebih luas lagi adalah masyarakat, membutuhkan pendekatan dan media yang berbeda.

“Kehadiran Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) sangat penting, karena penggunaan media tradisional dapat membangun kedekatan antara masyarakat dengan pembuta kebijakan, menjadi perekat transaksi sosial, memperkecil sekat antara sistem tradisional dan modern, juga menjadi penyeimbang dominasi media modern saat ini,”tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Tim Timor Amankan Pelajar yang Diduga akan Tawuran

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang, Drs Suryantoro mengatakan tujuan dibentuknya FK Metra dan KIM Kota Magelang adalah untuk membangun komunikasi yang baik terkait penyebaran informasi pembangunan. “Serta untuk membangun kolaborasi dan sinergi dalam upaya diseminasi informasi,”katanya. (hen)