Wajah Baru Kolam Tirto Wening, Geliatkan Wisata di Sindoro-Sumbing

TIRTO WENING. Salah satu kolam renang di Desa Tlahab Kecamatan Kledung yang mempunyai view Gunung SIndoro dan Gunung Sumbing. (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)
TIRTO WENING. Salah satu kolam renang di Desa Tlahab Kecamatan Kledung yang mempunyai view Gunung SIndoro dan Gunung Sumbing. (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Objek wisata alam di Kecamatan Kledung semakin berkembang, view Gunung Sumbing dan Sindoro menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik lokal maupun internasional. Bahkan wisata air di lembah Gunung Sumbing dan Sindoro kini kembali menggeliat.

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Temanggung Iyan menuturkan, objek wisata di Temanggung umumnya dan di Kecamatan Kledung khususnya, mayoritas masih mengandalkan wisata alam. Karena memang wilayah administrasi Kecamatan Kledung berada di lembah Gunung Sindoro dan Sumbing.

Ia menyebutkan, sejumlah tempat wisata di Kecamatan Kledung di antaranya, Embung Kledung, wisata alam dan Taman Pososng di Desa Tlahab Sigandul view dan puncak Botorono di Desa Petarangan.

Selain objek wisata tersebut lanjutnya, ada salah satu objek wisata yang sudah lama tidak muncul, namun saat ini mulai dikelola lagi dengan baik dan mulai menarik wisatawan.

“Di Kecamatan Kledung itu ada satu kolam renang legendaris namanya Tirto Wening. Dulu saat saya masih kecil kolam renang ini sudah ada, namun karena sesuatu hal kemudian dalam beberapa tahun lalu kolam renang ini vakum dan tidak dimanfaatkan,” ceritanya.

Namun saat ini katanya, kolam renang Tirto Wening kembali beroperasi, tampilan kolam renangnya juga sudah jauh berbeda dengan zaman dulu, saat ini jauh lebih baik, lebih bersih dan lebih menarik.

Menurutnya, kolam renang ini mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan dengan kolam renang lainnya. Air yang digunakan untuk kolam renang ini adalah air bersih langsung dari mata air di Desa Tlahab.

Tidak hanya itu, kolam renang ini mempunyai view yang cukup eksotis, berada di dekat Jembatan Sigandul dan letaknya juga tidak jauh dari Sigandul view. Dari kolam renang ini juga nampak jelas Gunung Sumbing dan Sindoro.

“Berenang bisa sambil refresing alam, apalagi di saat musim kemarau seperti ini, pemandangannya sangat bagus,” tuturnya.

Meskipun saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, namun sejumlah objek wisata di Kecamatan Kledung mulai ramai pengunjung, salah satunya di objek wisata kolam renang Tirto Wening ini.

“Puncak keramaian biasanya hari Sabtu dan Minggu, hari-hari libur juga sudah mulai ramai pengunjung,” tuturnya.

Ia berharap, ke depan kondisi wisata di Temanggung bisa terus membaik, apalagi saat ini objek wisatanya terus bertambah, tidak hanya wisata alam, sejumlah objek wisata lainnya juga sudah mulai beroperasi.

“Desa-desa wisata di Temanggung juga sudah siap menerima wisatawan, ada desa wisata budaya, desa wisata sejarah dan yang lainnya,” jelasnya.

Tingkat kunjungan wisatawan ke Temanggung juga terus menunjukan grafik peningkatan, apalagi sejak libur Lebaran, peningkatan berkisar antara 15 persen hingga 30 persen.

“Kalau long week end, dan akhir pekan biasanya peningkatan bisa lebih dari angka itu,” tuturnya. (set)