Wabup Temanggung Apresiasi Pilkades Serentak Tahun 2022 Berjalan Lancar

Wabup Temanggung Apresiasi Pilkades Serentak Tahun 2022 Berjalan Lancar
Pilkades Serentak tahun 2022 di Kabupaten Temanggung berjalan dengan lancar dan demokratis tanpa ada kejadian yang tak diinginkan. Foto: rizal ifan chanaris.

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM  – Total 37 desa yang tersebar di 15 kecamatan telah selesai menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Temanggung tahun 2022 dengan melibatkan 107 calon kades pada Kamis (30/6/2022) kemarin.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo menyebut bahwa secara umum Pilkades Serentak tahun 2022 ini berjalan cukup lancar. Ia mengaku bangga lantaran kesadaran berdemokrasi masyarakat sudah sangat tinggi dalam menentukan kepala desa baru mereka masing-masing.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar tanpa ada kendala satu apapun. Seluruh desa yang menggelar Pilkades telah selesai menyelenggarakan seluruh rangkaian dengan baik,” jelasnya, Jumat (1/7/2022).

Pihaknya berpesan agar seluruh masyarakat mampu menyadari bahwa dalam suatu pemilihan secara demokratis pasti terdapat pihak yang kalah dan yang menang. Oleh karena itulah, mereka diminta untuk tetap saling menjaga situasi agar tetap kondusif dan menyikapi seluruh hasil dengan kepala dingin.

“Pasti ada yang kalah dan yang menang. Seluruh tim dari masing-masing calon kemaren wajib menjaga suasana agar kondisi desa pasca Pilkades tetap adem ayem, tentrem, damai, guyub rukun, dan penuh kegotong-royongan dan tetap menunjukkan identitas desa sebagai sebuah wilayah yang paling nyaman,” pintanya.

Ia meminta agar seluruh calon kepala desa yang terpilih mampu merepresentasikan aspirasi masyarakat di wilayah masing-masing, sekaligus menjadi pelopor agar suasana desa yang sempat sangat kompetitif mendukung masing-masing calon kembali bergandengan tangan.

“Yang terpenting adalah bagaimana membangun desa masing-masing dengan cara bergotong-royong oleh warga masyarakatnya. Calon Kades terpilih wajib menjadi “Bapak” yang mengayomi seluruh warga masyarakatnya dalam rangka memajukan desa masing-masing,” pesannya. (riz)