Vita Ervina Ajak Generasi Muda Geliatkan Pertanian, Serahkan Bantuan Alsintan ke Belasan Poktan

SIMBOLIS. Vita Ervina secara sibolis menyerahkan bantuan Alsintan dari pemerintah pusat kepada sejumlah perwakilan Poktan di Desa Pringgowijayan Kecamatan Kutoarjo, 
SIMBOLIS. Vita Ervina secara sibolis menyerahkan bantuan Alsintan dari pemerintah pusat kepada sejumlah perwakilan Poktan di Desa Pringgowijayan Kecamatan Kutoarjo, 

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO– Purworejo merupakan daerah penyangga pangan Jawa Tengah bagian selatan, tetapi kini makin kesulitan mendapat tenaga kerja produktif di bidang pertanian. Karena itu, generasi muda di Kabupaten Purworejo diharapkan dapat tergugah untuk kembali terjun dan menggeliatkan sektor pertanian.

Hal itu disampaikan oleh Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Jateng VI dari Fraksi PDI Perjuangan, Vita Ervina SE MBA, saat melakukan Kunjungan Kerja Perorangan (Reses) dan Penyerahan Bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) Pra Panen dan Pasca Panen di Kabupaten Purworejo, Selasa (4/8). Penyerahan bantuan secara simbolis kepada kelompok tani (Poktan) berlangsung di Desa Grantung Kecamatan Bayan dan Desa Pringgowijayan Kecamatan Kutoarjo.

“Saya menggugah anak muda kembali ke pertanian. Dengan teknologi mekanisasi yang lebih memudahkan diharapkan memberikan keuntungan ekonomis yang lebih riil dan terukur. Semoga menarik minat kaum muda mau menggeluti bidang pertanian, yang selama ini didominasi oleh usia tua,” kata Vita saat penyerahan Alsintan di Desa Pringgowijayan.

Menurut Vita, jumlah terbanyak tenaga kerja pada sektor tanaman pangan adalah petani berusia lebih kurang 60 tahun kemudian disusul usia antara 40-45 tahun. Maka, mewakili generasi muda, pihaknya mengajak anak muda untuk mau turun ke bidang pertanian dan menjadi petani milenial.

“Bukan melulu soal kotor-kotoran, bukan melulu kerja banting tulang, sudah ada teknologi mekanisasi yang lebih memudahkan dan efisien. Kepada Bapak atau Ibu-ibu Kepala Desa yang hadir, mari kita bersama mengajak pemuda pemudi melalui karang taruna yang ada di desa, untuk membiasakan bekerja di sektor pertanian,” tegasnya.

Baca juga
KPU Purworejo Siap Hadapi Gugatan Bapaslon Perseorangan

Di Desa Grantung dilakukan penyerahan Alsinta secara simbolis kepada 7 Poktan dari berbagai desa dan kecamatan. Sementara di Desa Pringgowijayan, bantuan diserahkan kepada 12 Poktan. Alsintan yang diberikan antara lain berupa 8 unit hand traktor, 2 unit cultivator, 1 unit power thresher, 2 unit corn sheller, 7 unit pompa air dan 8 unit handspayer. Sebagian alat tersebut saat ini masih disimpan di Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kabupaten Purworejo.

Artikel Menarik Lainnya :  KASN Cium Dugaan Pelanggaran Mutasi Pejabat. Hari Ini Komisi I Gelar Rapat Dengar Pendapat

Vita mengungkapkan, bantuan tersebut merupakan aspirasi dari Poktan yang selanjutnya ditindaklanjuti bersama Kementerian Pertanian RI melalui Ditjen PSP dan Ditjen Tanaman Pangan. Pihaknya berharap, adanya bantuan dapat mempermudah dan meningkatkan produktivitas para petani.

“Penyerahan ini tidak semata-mata hanya sebagai simbolisasi, namun tentunya tidak mengurangi komitmen dan wujud nyata kehadiran Pemerintah dan saya sebagai Wakil Rakyat dalam keberpihakan untuk kemandirian dan kesejahteraan para petani,” ungkapnya.

Sementara itu, Kades Pringgowijayan, Supriyono, mengaku bahwa petani di desanya kekurangan traktor. Karena itu, bantuan dari pemerintah pusat melalui aspirasi Anggota DPR RI sangat membantu warganya dalam meningkatkan hasil pertanian.

“Harapannya ini teman-teman Poktan bisa memanfaatkan dan merawat bantuan Alsintan yang diterima dengan sebaik mungkin. Dengan hasil panen yang meningkat tentu kesejahteraan juga akan meningkat,” ujarnya. (top)