Vaksinasi Tahap Dua di Temanggung Capai 80 Persen

VAKSIN. Petugas kesehatan sedang melakukan vaksinasi Covid-19 di Pendopo Pengayoman. 

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Hingga saat ini vaksinasi Covid-19 telah mencapai 4,119 orang dari sasaran sebanyak 5.000 orang di tahap kedua ini.

“Kurang lebih sudah 80 persen dari jumlah sasaran, sejak vaksinasi tahap kedua dimulai,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Temanggung Khabibi Mualim, Senin (1/3).

Menurut Khabis, pada tahap kedua vaksinasi ini memang belum bisa 100 persen, karena belum semua sasaran bisa melaksanakan vaksinasi.

“Gagal vaksinikasi yang dialami oleh sejumlah sasaran ini yang menyebabkan di tahap kedua ini belum bisa terealisasi 100 persen,”terangnya.

Sebelum vaksinasi dilakukan pemeriksaan kesehatan. Ketika kondisi tubuh tidak sesuai dengan persyaratan maka vaksinasi akan ditunda. Selain itu juga karena ibu hamil, komorbid dan faktor lainnya.

Selain faktor-faktor tersebut, sampai saat ini pelayan publik dari golongan TNI juga belum melaksanakan vaksinasi, kurang lebih sebanyak 400 anggota.

“Yang dari TNI memang belum semua,”tuturnya.

Baca Juga
Tak Pakai Masker, Pengunjung dan Pedagang Ditegur Petugas Gabungan Muspika Windusari

Menurutnya, meskipun saat ini masih tertunda, namun pada akhirnya pelaksanaan vaksinasi tetap akan dilakukan. Hanya saja menunggu kondisi dari sasaran dan aturan terkait dengan pelaksanaan vaksinasi untuk penyitas dan komorbid.

“Kalau komorbid kan tetap bisa menunggu untuk memulihkan kondisi kesehatannya, jadi nanti pada akhirnya tetap akan divaksinasi,”terangnya.

Khabib menjelaskan, vaksinasi Covid-19 di tahap kedua ini dilakukan sebanyak dua termin, dan pada termin kedua ini sudah mencapai kurang lebih 80 persen. Sedangkan untuk termin kedua nantinya akan dimulai pada tanggal 9 Maret mendatang.

Sebenarnya dari data yang sudah diajukan untuk pelayanan publik di Temanggung sebanyak 27.000 orang. Namun karena pada pelaksanan vaksinasi tahap kedua ini baru diterima 5.000 vaksin, maka jumlah ini akan dimaksimalkan kepada 5.000 pelayan publik di Temanggung.

Artikel Menarik Lainnya :  Tunda Vaksinasi? Resikonya Bisa Tertular Covid-19

“Untuk saat ini kita maksimalkan untuk pelayan publik terlebih dahulu,”ujarnya.(set)