Vaksinasi Covid-19 Mulai Sasar Lansia

VAKSIN. Salah satu anggota Bagana Temanggung sedang menjalani vaksinasi. 

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Vaksinasi Covid-19 tahap kedua terus dilaksanakan di Kabupaten Temanggung, selain pelayan publik, masyarakat Temanggung yang sudah masuk lanjut usia (lansia) juga akan menjadi sasaran vaksinasi.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Khabin Mualim mengatakan, di awal vaksinasi tahapan kedua lalu, pelayanan publik sudah mulai mendapatkan vaksinasi, demikian juga dengan lansia yang akan mendapatkan vaksinasi.

“Tokoh agama yang usianya sudah masuk lansia juga sudah menjalani vaksinasi,” katanya, Selasa (9/3).

Ia menyebutkan, sekitar 65.000 lansia menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Temanggung, rentan umur yang masuk dalam kategori mulai dari 60 tahun.

Jumlah data lansia penerima vaksin Covid-19 sebanyak 65.000 tersebut berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung.

“Data kita ambil dari Disdukcapil Temanggung, untuk sementara ini kurang lebih sebanyak itu,” terangnya.

Menurut Khabib, pelaksanaan vaksin lansia akan dilakukan di 26 puskesmas mulai Senin (15/3). Lansia akan dihubungi pemerintah desa setempat, dan kemudian menjalankan vaksinasi di puskesmas masing-masing daerah.

Pelaksanaannya sendiri lanjut Khabib, akan dimulai Senin (15/3) untuk kelompok yang sudah ada sasaran untuk memudahkan pendataan, yakni para pensiunan di PEPABRI dan PWRI.

Baca Juga
Petani di Daerah Rawan Hama Dilindung Asuransi

“Untuk awal ini kami sasar lansia di dua kelompok masyarakat itu, datanya sudah mengelompok, di kecamatan-kecamatan sudah ada, kemudian koordinatornya juga sudah ada sehingga memudahkan mobilisasinya,” katanya.

Ia menyampaikan untuk lansia ini ada dua mekanisme pendaftaran, pertama dibuatkan aplikasi supaya bisa mendaftar dan kedua Dinkes aktif meminta data dari Disdukcapil kemudian dikirim ke puskesmas untuk dipilah, sehingga nanti yang belum bisa mendaftar diundang lewat desa.

Artikel Menarik Lainnya :  Tunda Vaksinasi? Resikonya Bisa Tertular Covid-19

Khabib menyebutkan jumlah orang yang sudah divaksin di Kabupaten Temanggung, untuk dosis pertama tenaga kesehatan sebanyak 2.849 orang, kemudian untuk pelayanan publik sebanyak 5.433 ditambah lansia tenaga medis dan tokoh agama 101 orang.

“Kemudian dosis 2 tenaga kesehatan yang mendapatkan 2.365 orang ditambah hari ini untuk pelayanan publik belum terdata jumlahnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabupaten Temanggung mendapat tambahan vaksin untuk 5.000 orang, yakni untuk lansia 2.000 orang dan untuk perangkat desa 3.000 orang.

“Vaksin dikirim dari provinsi, dari Pemkab Temanggung mengirim data. Untuk saat ini memang jumlahnya masih sangat terbatas,” tandasnya. (set)