Vaksin Ketiga Belum Bisa Dilaksanakan. Kota Magelang Belum Terima Vaksin Booster

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Vaksin booster atau suntikan ketiga di Kota Magelang belum bisa dilakukan. Sebab, daerah ini tak menjadi prioritas utama.
Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kamis (13/1) lalu mengumumkan bahwa vaksin booster baru bisa dilaksanakan di Kota Semarang. Untuk 34 daerah lain di Jawa Tengah, harus menunggu alokasi vaksin Covid-19.

Hal itu dibenarkan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Magelang, dr Intan Suryahati. Menurutnya, saat ini di Kota Magelang belum ada stok vaksin dosis ketiga atau booster.

“Ya, kami minta dulu vaksinnya ke Provinsi. Kalau sekarang belum ada,” kata dia, Jumat (14/1).

Dia mengatakan sembari menunggu alokasi vaksin, pihaknya juga melakukan pendataan untuk kelompok lansia, dan komorbid untuk vaksinasi booster.

“Kita menyiapkan kelompok lansia yang bisa mendapat booster. Kita juga sudah punya data khusus komorbid. Nah, nanti aplikasinya nunggu aturan dari pusat,” jelasnya.

Sejauh ini pihaknya belum dapat memprediksi kapan boosting akan dimulai. Meski begitu, vaksinasi bagi anak-anak dan masyarakat umum masih terus digenjot.

“Untuk kesiapan PTM 100 persen maka vaksinasi anak-anak masih kami lakukan,” tuturnya.

Sementara itu, kasus harian Covid-19 di Kota Magelang sampai dengan sekarang tercatat menyisakan satu kasus positif. Itu setelah dua pasien yang dirawat di rumah sakit sudah dinyatakan sembuh. Dari 6.444 kasus, terdiri antara lain satu kasus aktif, 6.326 sembuh, dan 317 meninggal dunia. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  Waspadai Omicron, Dokter Azis Minta Peran Aktif Jogo Tonggo