Usai Libur Lebaran, Arus Lalu Lintas di Temanggung Terlihat Lengang

Usai Libur Lebaran, Arus Lalu Lintas di Temanggung Terlihat Lengang
Arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan pusat perkotaan Temanggung yang sebelumnya cukup ramai dipadati kendaraan, kini terpantau kondisinya mulai lengang. Foto: rizal ifan chanaris.

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Sepekan usai hari H Lebaran, tepatnya Senin (9/5), sejumlah ruas jalan utama di Kabupaten Temanggung yang sebelumnya dipadati oleh arus kendaraan yang melintas, kini kondisinya terpantau mulai kembali normal.

Hal itu terlihat dari volume kendaraan yang mulai berkurang drastis, termasuk di titik-titik yang sebelumnya cukup macet oleh lalu lalang kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Dari pengamatan magelangekspres.com, penyusutan arus sudah mulai terlihat sejak Minggu (8/5). Baik di ruas-ruas pusat kota hingga pintu-pintu masuk dan keluar tampak menunjukkan situasi arus kendaraan yang terminitor ramai lancar.

Hal tersebut dipengaruhi oleh telah usainya masyarakat yang melangsungkan mudik Lebaran mengingat banyak pegawai, pelajar, dan karyawan yang telah kembali beraktifitas seperti semula.

Tak hanya kendaraan pribadi saja, volume angkutan umum yang sebelumnya lalu lalang di sejumlah ruas yang tengah mengangkut para pemudik juga mengalami penyusutan dan kembali normal seperti semula.

Hal ini terlihat di Terminal Madureso Temanggung. Di lokasi ini, jumlah arus balik cenderung lebih ramai ketimbang arus mudik. Mayoritas penumpang naik dan turun berasal dari sejumlah wilayah di Jabodetabek.

“Seperti prediksi, kepadatan pada arus balik mulai terlihat memuncak pada H+5 dan H+6 Lebaran. Ini terjadi setiap tahunnya meski tahun ini terjadi lonjakan pemudik usai dibukanya aturan pengketatan oleh pemerintah karena pandemi selama 2 tahun berturut-turut kemarin. Pun demikian dengan penumpang bus di terminal,” ungkap Rendra Wibowo, Kepala Terminal Madureso Temanggung. (riz)