Upaya KKN-PPMT Unimma Mengembangkan Potensi UMKM Batik Rajah di Tengah Pandemi Covid-19

PPMT. Para mahasiswa Unimma yang sedang melaksanakan KKN-PPMT di UMKM Batik Rajah milik Kaji Habeb. (Foto ist)
PPMT. Para mahasiswa Unimma yang sedang melaksanakan KKN-PPMT di UMKM Batik Rajah milik Kaji Habeb. (Foto ist)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Batik Rajah merupakan salah satu UMKM (Usaha mikro kecil menengah) yang bergerak di bidang usaha pakaian dengan produk unggulan berupa kain batik tulis / batik lukis. Kain – kain yang di produksi oleh Batik Rajah ini di buat langsung oleh sang pemilik UMKM yaitu Kaji Habeb yang juga merupakan seorang seniman.

Permasalahan yang dihadapi oleh Batik Rajah adalah pemasaran produk yang  belum maksimal, selain itu terdapat juga kendala lain seperti belum adanya pencatatan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi dan kurangnya pemanfaatan sosial media di era digital seperti sekarang ini.

Kehadiran kelompok KKN-PPMT (Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu) Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) kali ini mengusung topik ekonomi kreatif berbasis wirausaha dan kearifan local dan akan berfokus pada pengoptimalan pemasaran dengan mencoba menerapkan beberapa program seperti :

  1. Pelatihan Kemasan Produk.
  2. Pelatihan Akuntansi dan Pembukuan.
  3. Pengembangan Ekosistem Digital Marketing.

Kelompok ini di ketuai oleh Dosen pembimbing Dra.Marlina Kurnia, M.M dan beranggotakan 5 orang mahasiswa yaitu Fajar Shidiq Hidayat, Ahmad Riyanto, Erika Putri Wijayanti, Tri Wahyu Handayani dan Reni Septiana.

Kegiatan yang mulai dilaksanakan pada 14 Juni – 28 Juli 2021 ini berjalan sesuai rencana yang telah di susun. Kegiatan yang dilakukan kelompok PPMT ini dilakukan dengan cara menganalisis kelebihan dan kekurangan kemasan lama untuk penentuan kemasan yang baru hingga pelatihan pembukuan yang sesuai dengan standar akuntansi semua program yang dijalankan ini bertujuan agar masyarakat lebih mengenal Batik Rajah melalui sosial media yang harapannya dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkn omzet penjualan secara keseluruhan. (rls/adv)

Artikel Menarik Lainnya :  Harapan Walikota Magelang, Gelora Sanden Bisa Berikan Kontribusi Positif bagi Olahraga dan PAD