Untidar Terima 1.411 Mahasiswa Baru Jalur SMUT

GANTI. Untidar membuat kebijakan mengganti mekanisme SMUT tahun 2021, karena masa pendaftaran bersamaan dengan PPKM darurat. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)
GANTI. Untidar membuat kebijakan mengganti mekanisme SMUT tahun 2021, karena masa pendaftaran bersamaan dengan PPKM darurat. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COMUniversitas Tidar (Untidar) Magelang menerima 1.411 mahasiswa baru jalur seleksi mandiri ujian Tertulis (SMUT) tahun ini. Seleksi sendiri diikuti oleh 1.994 pendaftar.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr Ir Noor Farid MSi mengatakan, jumlah pendaftar sebanyak 1.999 peserta namun 5 orang tidak menyelesaikannya. Sedangkan 76 orang tidak mengunggah nilai UTBK-SBMPTN dan/atau nilai rapor semester 1-6 sehingga dinyatakan tidak memenuhi syarat.

“Sementara yang memenuhi syarat seleksi sebanyak 1.918 peserta. Kemudian dari 1.918 yang mengikuti seleksi, 1.411 peserta dinyatakan lolos dan diterima sebagai mahasiswa baru Untidar,” katanya, kemarin.

Menurutnya, SMUT adalah penerimaan mahasiswa baru secara mandiri dengan jalur ujian tertulis yang diselenggarakan oleh Untidar. Seleksi ini diperuntukkan bagi program pendidikan Sarjana dan Diploma. Namun, adanya PPKM Darurat, maka seleksi diganti mekanisme penilaiannya dengan nilai UTBK-SBMPTN tahun 2021 dan/atau Nilai Rapor SMA/MA/SMK sederajat semester 1-6.

“Demikian halnya dengan masa pendaftaran, semua ditutup 7 Juli tapi diperpanjang sampai 15 Juli. Kemudian, waktu unggah nilai mulai tanggal 11 Juli-18 Juli 2021,” jelasnya.

Koordinator Pelaksana SMUT Untidar, Anisa Setya Arifina SKom MSi menambahkan, setiap peserta SMUT dapat memilih maksimal dua program studi pada setiap kelompok ujian.

“Ujian tertulis dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu Kelompok 1, Sains dan Teknologi (Saintek), Kelompok 2, Sosial dan Humaniora (Soshum), dan Kelompok 3, Campuran, dengan ketentuan Jurusan IPA dapat mengambil program studi pada jurusan IPS, akan tetapi Jurusan IPS tidak dapat mengambil program studi pada jurusan IPA,” tuturnya.

Setiap peserta yang dinyatakan lulus ujian tertulis diwajibkan melakukan registrasi sesuai ketentuan. Peserta yang tidak melakukan registrasi sesuai dengan waktu yang ditentukan, mak dinyatakan gugur.

Artikel Menarik Lainnya :  Antisipasi Musim Hujan, Balkesmas Magelang Sosialisasikan DBD dan Leptospirosis

Pada penerimaan mahasiswa baru Untidar jalur SMUT 2021, calon mahasiswa bisa mendaftar di 19 Program Studi antara lain S1 Manajemen, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Akuntansi, D3 Akuntansi, S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan IPA, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Kemudian, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Ilmu Administrasi Negara, S1 Hukum, S1 Peternakan, S1 Akuakultur, S1 Agroteknologi, S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Elektro dan D3 Teknik Mesin.

Sementara itu, Prodi S1 Ekonomi Pembangunan memiliki jumlah peminat tertinggi yaitu 224 pendaftar. Di posisi kedua yaitu Prodi S1 Teknik Sipil dengan 201 pendaftar.

Selain itu, Prodi yang memiliki peminat cukup banyak seperti Ilmu Administrasi Negara dengan 200 pendaftar, Ilmu Komunikasi dengan 191 pendaftar, dan S1 Manajemen dengan 180 pendaftar. (wid)