UNIMMA Gelar Wisuda Ke-76, Luluskan 457 Mahasiswa

SEDERHANA. Prosesi wisuda UNIMMA masih menerapkan protokol kesehatan kendati saat ini sudah memasuki masa transisi dari pandemi ke endemi Covid-19, kemarin.(foto : IST/magelang ekspres)
SEDERHANA. Prosesi wisuda UNIMMA masih menerapkan protokol kesehatan kendati saat ini sudah memasuki masa transisi dari pandemi ke endemi Covid-19, kemarin.(foto : IST/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menggelar Wisuda Magister dan Sarjana ke-76 Periode 2 Tahun Akademik 2021/2022 di Auditorium Kampus 1 UNIMMA, Kamis (19/5). Sebanyak 457 wisudawan/wisudawati yang terbagi dalam empat gelombang dengan menerapkan protokol kesehatan turut hadir.

Rektor UNIMMA, Dr Lilik Andriyani SE MSi mengatakan, ke-457 wisudawan terdiri dari Program Strata Satu (S1) sebanyak 422 wisudawan, dan 35 wisudawan dari Program Strata Dua (S2).

Adapun IPK tertinggi diraih oleh Nida Muna Fadhilah dari Program Studi (Prodi) Teknik Informatika, Fakultas Teknik (FT). Sedangkan waktu tempuh studi tercepat diraih oleh Lisa Damai Atmoko dari Prodi S1 Farmasi, Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) dengan masa studi 3 tahun 4 bulan 9 hari.

”Dari 422 wisudawan S1, 69 wisudawan atau 13,35 persen di antaranya memperoleh predikat cumlaude,” katanya.

Ia berpesan kepada para wisudawan agar pencapaian gelar pendidikan menjadi pendorong untuk lebih baik lagi dalam menjalankan tanggung jawab dan kepekaan sosial.

”Saya sampaikan selamat dan sukses kepada wisudawan yang telah berhasil melalui satu tahap pendidikan dan siap menyandang gelar magister, sarjana. Wisuda bukan akhir pencapaian, namun merupakan langkah awal menapaki jejak kebermanfaatan untuk umat, bangsa, dan negara,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Fungsi Kearsipan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI, Sumarno SE MSi menuturkan bahwa melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pemerintah telah berupaya agar mencapai lulusan yang disesuaikan dengan kebutuhan pada dunia kerja sebagai problem solved.

”Melalui prosesi wisuda, UNIMMA telah membuktikan diri dengan menghasilkan lulusan magister dan sarjana yang sesuai dengan kompetensi dan profesionalitas yang telah dicapai selama masa pembelajaran dalam Permen No 32 tahun 2020,” kata dia.

Proses pembelajaran, lanjut dia, telah memenuhi kaidah-kaidah 9 indikator kinerja sesuai sistem mutu terhadap pencapaian pembelajaran. Prosesi wisuda diselenggarakan secara singkat tanpa dihadiri orangtua/wali dan disiarkan secara live melalui kanal YouTube. (wid)