Unimma Angkat Manajemen Madrasah

SEMNAS. Prodi PGMI FAI, UNIMMA mengadakan Seminar Nasional dengan tema “Manajemen Madrasah Ibtidaiyah", di Aula PDM setempat, 

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG SELATAN – Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) mengadakan Seminar Nasional dengan tema “Manajemen Madrasah Ibtidaiyah”, Selasa (9/2). Seminar berlangsung di Aula Gedung Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dihadiri sejumlah pejabat Kementerian Agama Kabupaten Magelang.

Sebanyak 56 peserta yang terdiri dari para kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) Kota dan Kabupaten Magelang, hadir dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Magelang, Drs Hedi Riyanto MPdI sebagai nara sumber menjelaskan, materi tentang Arah Kebijakan dan Strategi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Dijelaskan bahwa pendidikan Islam mengacu pada arah kebijakan Kementerian Agama Bidang Pendidikan Kantor Wilayah Provinsi Jawa Tengah yaitu meningkatkan akses dan mutu pendidikan dasar-menengah (wajib belajar 12 tahun).

“Kemudian meningkatkan akses dan mutu pendidikan dasar. Lalu, pendidikan menengah meliputi memperluas akses masyarakat untuk mendapatkan layanan pendidikan,” katanya.

Selain itu, kebijakan Kemenag juga bertanggung jawab untuk berperan meningkatkan penyediaan sarana prasarana pendidikan yang berkualitas, meningkatkan mutu peserta didik, meningkatkan jaminan mutu kelembagaan pendidikan, meningkatkan kurikulum dan pelaksanaannya. Sekaligus meningkatkan kualitas guru dan tenaga kependidikan.

Dosen PGMI UNIMMA, Irham Nugroho yang menjadi materi kedua menyampaikan bahwa peningkatan kualitas pendidikan harus dimulai dari komitmen untuk dari individu hingga kelembagaan sebuah madrasah.

“Oleh karena itu, dibutuhkan sosok pemimpin yang kuat dan handal sebagai upaya membentuk budaya mutu yang akan mampu mengantarkan madrasah ke depan lebih baik,” ungkap Irham.

Sementara itu, Dekan FAI UNIMMA, Dr Nurodin Lc MA berharap, para peserta bisa mendapatkan manfaat yang besar dari seminar nasional ini. Ia juga mengatakan bahwa selama ini, sudah terjalin sinergi antara PGMI UNIMMA dengan madrasah-madrasah di Kota dan Kabupaten Magelang.

Artikel Menarik Lainnya :  Masih Pandemi, Haul Syekh Subakir Diadakan Sederhana

“Mudah-mudahan sinergi kerja sama antara madrasah dengan Prodi PGMI UNIMMA, Kementerian Agama, dan masyarakat bisa semakin berkembang dan kuat,” pungkasnya. (wid)