UM Magelang Bekali Mahasiswa Keperawatan Cara Rawat Luka yang Benar

pembekalan perawat
PEMBEKALAN. Mahasiswa D3 Keperawatan, UM Magelang, dosen, para perawat rumah sakit, dan lainnya mengikuti pembekalan tentang perawatan luka, di kampus UM Magelang, akhir pekan lalu.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG- Sebanyak 150 mahasiswa Prodi D3 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UM Magelang mendapatkan pembekalan penanganan merawat luka, di sela seminar, akhir pekan lalu. Acara yang diusung ini guna memberikan keterampilan pada calon perawat di era milenial seperti sekarang.

“Para peserta selain dari prodi D3 Keperawatan, ada juga dari dosen, perawat rumah sakit se-eks Karesidenan Kedu, dan perwakilan siswa dan guru di berbagai SMK di Magelang,” kata Dekan Fikes UM Magelang, Puguh Widiyanto MKep.

Menurutnya, seminar ini menjadi penting bagi mahasiswa untuk menjadi bekal ke depannya dalam menghadapi dunia kerja. Terlebih, merawat luka menjadi hal dasar bagi seorang perawat yang harus dipelajari.

Baca Juga
Stop Kontak Konslet, Sebuah Rumah di Magelang Terbakar

“Harapannya peserta dapat lebih memahami teknik-teknik perawatan yang telah disampaikan secara komprehensif,” ungkap Puguh.

Pelatihan ini, kata Puguh, juga sebagai bentuk penerapan visi dan misi Fikes UM Magelang untuk menjadi program studi Diploma 3 Keperawatan yang Islami, inovatif dan kompetitif di tingkat nasional. Selain itu, juga menjadikan Fikes sebagai pusat unggulan pengembangan kompetensi tenaga keperawatan dalam perawatan luka pada tahun 2020.

Narasumber dalam seminar ini adalah Lucia Anik SKep Ns MKep (ETN) dan Zanmal Septiyanto AMK yang merupakan alumni D3 Keperawatan UM Magelang tahun 2006.

Menurut Lucia Anik, yang juga Ketua DPW InWOCNA Jogja-Jateng itu bahwa perawatan luka merupakan tugas dan kewenangan seorang perawat. Tujuannya, untuk mengenalkan dan menambah wawasan mahasiswa ataupun peserta sebagai perawat luka dan mendongkrak visi dari D3 keperawatan. (wid)