Ular Sepanjang Tiga Meter Melintas di Jalan Gemparkan Warga Kampung Plaosan Purworejo

EVAKUASI. Warga bersama dengan petugas Damkar usai berhasil mengevakuasi ular besar di Kampung Plaosan. (Foto lukman)
EVAKUASI. Warga bersama dengan petugas Damkar usai berhasil mengevakuasi ular besar di Kampung Plaosan. (Foto lukman)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Warga Kampung Plaosan, Kelurahan/ Kecamatan Purworejo dibuat gempar dengan munculnya seokar ular sanca kembang berukuran besar sepanjang 3 meter, kemarin malam. Setelah beberapa jam berjibaku, para warga berhasil mengamankan ular tersebut hidup-hidup dengan bantuan petugas Damkar.

Penemuan tersebut bermula saat salah satu warga, Djink (47) hendak pulang ke rumah, namun sesampai di gang 4 kampung Plaosan ia dikagetkan dengan sesosok ular sanca sebesar betis orang dewasa yang sedang melintas di jalan. Melihat ular tersebut, Djink kemudian berinisiatif menangkapnya dengan menarik ular ke lokasi yang lebih lapang.

“Ular saya seret-seret, mau saya tarik tapi ular itu malah nyemprot kotoran. Saya lepaskan kemudian saya tarik lagi tapi si ular mbetot (melawan) ingin mematuk dan kemudian lari ke arah bronjong,” ungkap Djink.

Karena muncul di tengah-tengah kawasan padat penduduk, sehingga dikhawatirkan ular itu mengancam ternak dan membahayakan warga setempat, Djink bersama warga kemudian mencoba menangkap ular tersebut.

“Saya meminta tolong temen-temen untuk menangkap ular itu, namun kita kesulitan karena ular masuk ke sela-sela bronjong,” beber Djink.

Warga yang kesulitan menangkap ular sanca itu kemudian memutuskan untuk melapor ke Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo sekira pukul 22.15 WIB. Tak berselang lama personil Damkar tiba di lokasi melakukan upaya penangkapan.

Setelah berjibaku lebih dari 2 jam, ular dapat dievakuasi hidup-hidup. Sekira pukul 01.45 WIB ular berhasil ditarik keluar dari sela-sela bronjong batu saluran irigasi. Ular sekira panjang 3 meter tersebut kemudian dibawa oleh petugas Damkar.

Sontak kejadian tersebut mengundang warga untuk melihat proses evakuasi. Puluhan warga nampak melihat langsung proses evakuasi ular oleh petugas Damkar dan dibantu warga setempat.

Kepala Seksi Pemadam Kebakaran, Penyelamatan dan Investigasi Satpol PP dan Damkar Purworejo, Rubino mengungkapkan, saat mendapat laporan warga, pihaknya kemudian menerjunkan 7 personil untuk mengevakuasi ular.

“Berkat bantuan warga semua, Alhamdullah ular berhasil kita evakuasi. Untuk sementara ular kita bawa ke kantor,” ujarnya. (luk)