Tradisi Sedekah Bumi di Jlarang Didaftarkan Sebagai WBTB

TRADISI. Kegiatan tradisi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, fasilitasi kegiatan Upacara Tradisi Sedekah Bumi, bertempat di Dusun Jlarang, Desa Kalijoso, Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang memfasilitasi kegiatan Upacara Tradisi Sedekah Bumi di Dusun Jlarang, Desa Kalijoso, Kecamatan Windusari, Selasa (23/2/2021).

Kegiatan turut dihadiri Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan beserta staf dan jajarannya.

Kepala Desa Kalijoso Windusari, Eko Susilo menyampaikan, terimakasih kepada Disdikbud yang telah memfasilitasi kegiatan. Pihaknya berharap ada hubungan tindak lanjut dari setiap kegiatan kebudayaan di Kalijoso.

“Atas nama panitia juga menyampaikan bahwa ini adalah kegiatan rutin yang tiap tahun dilaksanakan. Tapi memohon maaf juga karena tahun ini kegiatan dibatasi karena Covid 19 dan tidak bisa terlaksana penuh seperti biasa. Walaupun kegiatan sederhana tapi juga tetap mematuhi protokol kesehatan dan ijin keramaian kegiatan,” ucap Eko.

Selain kegiatan upacara tradisi juga diadakan peresmian Gamelan Ki Mego Pulungsari dan peresmian Kesenian Langen Krido Santoso.

“Upacara Tradisi Sedekah Bumi di Dusun Jlarang juga sudah di daftarkan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) dan sedang menunggu SK Penetapan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” terang Eko.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Manteb menyampaikan, setiap warga masyarakat harus bisa menguri-uri kebudayaan yang berjalan di masyarakat.

“Sebagai masyarakat Jawa khususnya, kita sendiri yang harus memelihara kebudayaan kita. Dalam kegiatan ini, saya berpesan agar warga setempat selalu menjaga kesehatan dan tetap mematuhi protokol kesehatan, menjauhi kerumunan dan selalu mengecek suhu tubuh,” tutur Manteb.(cha)

Artikel Menarik Lainnya :  Butuh Komitmen Bersama, Kasus Stunting di Kabupaten Magelang Terus Turun