TNI-Polri Tak Bosan Ingatkan Warga Tetap Pakai Masker

MASKER. Anggota Polres Wonosobo melakukan pemberian masker gratis dan sosialisasi protokol kesehatan di sejumlah ruang publik.

MAGELANGEKSPRES.WONOSOBO– Upaya yang dilakukan Polri dan TNI untuk membantu pemerintah mencegah dan meminimalisir penyebaran covid-19 masih dilakukan. Salah satunya dengan pemberian masker gratis dan sosialisasi protokol kesehatan di sejumlah ruang publik.

Sebanyak 20 personel Polres Wonosobo diterjunkan untuk memberikan masker gratis kepada warga maupun masyarakat yang melintas di jalan tersebut. Pemberian masker ini dilaksanakan dalam kegiatan operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan yang dipimpin langsung oleh KBO Sabhara, Iptu Nur Wahyu Wibowo SH

Menurutnya,  pemberian masker gratis kepada pengunjung pasar dan warga ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dalam penanganan pencegahan covid-19. Sehingga diharapkan timbul kesadaran warga untuk selalu menggunakan masker saat beraktivitas sehari-hari di masa pandemi covid-19.

“Semoga diberikan masker ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat di sisi pencegahan covid-19. Sebab penggunaan masker merupakan salah satu cara yang efektif dan efisien agar terhindar dari paparan covid-19,” katanya.

Kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan 5M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan menghindari kerumunan menjadi kunci bersama memutus rantai penyebaran covid-19.

Pada kesempatan tersebut, sebanyak 120 masker gratis dibagikan kepada warga sekitar lokasi pasar, operasi yustisi di Jalan Raya Achmad Yani depan Pasar Induk. Dalam kegiatan ini, Polres Wonosobo bersinergi dengan beberapa anggota TNI dan Satpol PP Kabupaten Wonosobo.

Baca Juga
Komisi D Wonosobo Berharap PTM Dipersiapkan dengan Matang

“Sebagai informasi, operasi yustisi penegakan disiplin menerapkan masker ini puluhan warga diberikan pembinaan dan penyuluhan serta himbauan pencegahan covid-19. Selain itu sebanyak 16 warga diberikan tindakan langsung berupa teguran lisan dan satu orang diberikan sanksi sosial dan fisik karena tidak menggunakan masker,” ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Candi Borobudur Segera Dibuka

Hal sama juga dilakukan personil Koramil Garung, Kodim 0707/ Wonosobo secara terus menerus melaksanakan patroli dalam upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran covid-19, serta mensosialisasikan penerapan 5M kepada warga masyarakat, .

Dalam setiap kesempatan mensosialisasikan physical distancing dan penggunaan masker, serta selalu mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir. Selain itu warga diminta untuk mengurangi mobilitas.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan di tempat keramaian yang sering dikunjungi warga masyarakat di wilayah teritorial Koramil 04/Garung, kali ini dilaksanakan di Area depan Kantor Kecamatan Garung,” ungkap Sertu Suharno Koramil 04/Garung .

Menurutnya, sosialisasi ini terus dilaksanakan oleh segenap anggota Babinsa yang melakukan patroli di lingkungan masyarakat, sebagai salah satu cara pencegahan penyebaran covid-19. (gus)