TMMD Resmi Dimulai, Prajurit Dititipi Sosialisasi Prokes

SERAH TERIMA. Bupati dan Dandim 0708/Purworejo saat melakukan serah terima naskah secara simbolis sebagai penanda dimulainya kegiatan TMMD Sengkuyung I.

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Meski masih dalam suasana pandemi covid-19, kegiatan rutin TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung I Kabupaten Purworejo yang dilaksanakan oleh Kodim 0708 Purworejo tetap dilaksanakan. Seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan yang digelar di Desa Guntur Kecamatan Bener tersebut diharapkan untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan guna mengantisipasi adanya penularan dan penyebaran virus covid-19.

Pesan tersebut disampaikan  Bupati RH Agus Bastian SE MM saat membuka TMMD Sengkuyung I Kabupaten Purworejo Tahun 2021, Selasa (2/3) di Pendopo Kabupaten Purworejo. Pembukaan TMMD ditandai dengan penandatanganan naskah serah terima oleh Bupati dan Dandim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Lukman Hakim Ssos MSi.

Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM saat memberikan sambutannya mengatakan jika kegiatan TMMD yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun, telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hal ini tentunya sejalan dengan upaya pemerintah didalam percepatan dan pemerataan pembangunan.

Program TMMD merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan program-program pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Terutama dalam penanganan dan pembangunan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah pedesaan.

Baca Juga
Padat Karya, Desa dan Kelurahan di Wonosobo Digelontor Rp300 Juta

“Program TMMD tetap kita laksanakan meskipun sampai saat ini masih pandemi Covid-19, namun tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” kata Bupati.

Selain terbukti sangat membantu mendorong kemajuan di desa-desa, program TMMD dapat menjadi salah satu wahana sosialisasi kepada masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan serta program vaksinasi massal Covid-19.

Menurutnya, dengan terwujudnya kemanunggalan TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat, maka akan lebih mudah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan ketahanan wilayah.

Artikel Menarik Lainnya :  Mantan Ketua Forgut Temanggung Dilantik Sebagai Anggota DPRD Temanggung

“Kepada masyarakat yang daerahnya menjadi lokasi TMMD, saya berharap agar berpartisipasi secara aktif dan mendukung sepenuhnya selama pelaksanaan TMMD, agar tujuan dan sasaran yang diinginkan dapat berjalan dengan baik dan optimal,” imbuhnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Lukman Hakim SSos MSi menjelaskan TMMD merupakan wujud aplikasi sinergi yang manunggal menjadi satu semangat untuk  membangun Purworejo. Kerja sama antara pemerintah daerah dan TNI sudah baik harus di pertahankan bahkan ditingkatkan.

“Dengan adanya program TMMD ini di harapkan masyarakat akan semakin lebih terbuka, apalagi di Desa Guntur sedang di bangun proyek setrategis nasional sehingga masyarakat akan semakin tahu bahwa masyarakat  diperhatikan untuk kepentingan yang lebih besar,” tandasnya.

Kepala Dinpermasdes Kabupaten Purworejo Agus Ari Setiyadi SSos menerangkan, total anggaran pelaksanaan TMMD Sengkuyung I Kabupaten Purworejo Tahun 2021 sebesar Rp. 295 juta. Dana tersebut bersumber dari APBD Provinsi sebesar Rp. 170 juta dan APBD Kabupaten Purworejo sebesar Rp. 125 juta.

“Ada dua pekerjaan utama dalam program TMMD Sengkuyung I di Desa Guntur Kecamatan Bener. Yakni pembuatan jalan rabat beton sepanjang 635 m x lebar 2,5 m x ketebalan 0,12 m dan pembuatan talud sepanjang 154 m x lebar 0,30 m x ketebalan 1,5 m,” terang Agus Ari. (luk)