TMMD 2021 Membantu Percepatan Pembangunan di Daerah, Tersebar di Wilayah Magelang

TMMD. Penandatanganan dan penyerahan berita acara pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2021 di Kota Magelang

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG- TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I TA 2021 di wilayah Kota dan Kabupaten Magelang resmi dibuka di Gedung Prajurit Kodim 0705/Magelang ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan naskah serah terima berita acara pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap I TA 2021, Selasa (2/3). TMMD Sengkuyung Tahap I TA 2021 dilaksanakan secara tersebar di berbagai wilayah, diantaranya di Kabupaten Magelang dan Kota Magelang. Pembangunan sasaran fisik berupa pembangunan infrastruktur, sarana transportasi berupa jalan pembuatan talud senderan dan peningkatan saluran drainase.
Dalam sambutannya, Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi, S.Sos, M.Tr (Han) mengatakan TMMD Sengkuyung Tahap I TA 2021 mengangkat tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”. Makna yang terkandung dari tema tersebut adalah bahwa TNI bersama dengan pemerintah daerah dan masyarakat, secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan terhadap fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Selama satu bulan ke depan para prajurit Kodim 0705/Magelang, pemerintah daerah dan segenap komponen masyarakat saling bahu-membahu bersama-sama menyelesaikan program TMMD Sengkuyung Tahap TA 2021, kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat Kabupaten/Kota Magelang dan pertahanan negara.
Selain pencapaian program sasaran fisik TMMD, juga diimbangi dengan pencapaian sasaran non fisik berupa penyuluhan bela negara, penyuluhan bahaya narkoba/kamtibmas, penyuluhan kesehatan dan lain-lain. Pembangunan non fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa.
Wakil Walikota Magelang KH drs Mansyur Siradj, M. Ag yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada TNI warga masyarakat, dan semua pihak, atas kesiapan untuk melaksanakan kegiatan TMMD sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2021 Kota Magelang, dengan mengusung tema TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri.
Menurut Wakil Walikota, tema ini merupakan dukungan nyata TNI bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat baik melalui kegiatan pembangunan fisik ataupun non fisik, serta merupakan komitmen TNI dan Pemerintah daerah dalam melestarikan kegotongroyongan dan meningkatkan kesengkuyungan masyarakat untuk membangun Kota Magelang yang kita cintai. Oleh karena itu, sinergitas antara TNI, Pemerintah daerah, dan masyarakat hendaknya dapat terus kita jaga dan pelihara sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara. “TMMD bukan semata membangun sarana dan prasarana umum di wilayah, akan tetapi program yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral, ini juga membangun semangat dan kepercayaan diri masyarakat untuk mampu mengelola potensi yang dimiliki,” kata Wawali.
Sementara itu, Bupati Magelang Zainal Arifin yang hadir dalam upacara pembukaan TMMD tersebut mengatakan di tengah pandemi Covid-19 kita bisa menghadiri satu kegiatan yang rutin dijalankan oleh TNI dalam rangka memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara Indonesia berupa Tentara Manunggal Membangun Desa. “Alhamdulillaahirobbil’aalamin, Jajaran TNI kembali akan merealisasikan karya bhakti dan pengabdiannya melalui Program TMMD Sengkuyung Tahap Tahun Anggaran 2021 yang akan dilaksanakan secara serentak selama 30 hari mulai tanggal 2 hingga 31 Maret 2021,” kata Bupati.
Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Macanan, Dusun Drojogan, dan Dusun Candi Desa Sidorejo kemudian di Dusun Guntur Desa Rejosari Kecamatan Bandongan, berupa kegiatan pembangunan fisik pembangunan cor blok jalan volume panjang 950 m lebar 2,5 m tebal 12 Cm, dan pembuatan talud senderan jalan dengan volume keseluruhan panjang 100 m dan tinggi rata-rata 1 m, serta kegiatan non fisik berupa Penyuluhan Kesehatan di masa pandemi Covid-19 dari Kodim 0705/ Magelang, Kemudian Penyuluhan Pola Hidup Sehat dan Bansos dalam masa pandemi Covid-19 dari Dinas Kesehatan dan Dinsos PPKB PPPA Kabupaten Magelang, serta Penyuluhan Kamtibmas, Wasbang dan Bela Negara dari TNI dan Kepolisian.
Masih menurut Zainal, kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa dilaksanakan dalam rangka membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, melaksanakan kegiatan serbuan teritorial mewujudkan RAK (Ruang Alat dan Kondisi) Juang yang tangguh dan terpelihara serta meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat.
TMMD Sengkuyung Tahap I Ta 2021 Kodim 0705/Magelang dengan sasaran pembuatan corblok jalan dan pembuatan talud senderan di Desa Sidorejo Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Sedangkan di wilayah Kota Magelang melaksanakan rehabilitasi Jalan Makam/Rabat Beton dan peningkatan saluran drainase di Kampung Sidotopo RT 03 RW X Kelurahan Kedungsari Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang. (hen)

Artikel Menarik Lainnya :  Candi Borobudur Segera Dibuka