TK Bhayangkari 82 Libatkan Wali Murid di Setiap Kegiatan

0
294
TK
PEMBERIAN HADIAH. Anak-anak TK Bhayangkari 82 didampingi wali murid menerima hadiah lomba dalam rangka HUT RI ke-74 usai upacara bendera,

MAGELANG TENGAH – Peran keluarga dalam pendidikan anak sangatlah penting, meskipun kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan di sekolah. Oleh karenanya meskipun belajar di sekolah orang tua juga dirasa memiliki peran untuk memantau pendidikan anak.

Hal tersebut yang ditekankan oleh Kepala Sekolah TK Kemala Bhakti Bhayangkari 82, Aminah Purwani SPd AUD. Ia mengaku setelah mengikuti pelatihan dirinya ingin menerapkan apa yang didapatkan mengenai pendidikan keluarga untuk dipraktekan di sekolahnya. Tujuannya untuk melibatkan orang tua di sekolah.

“Karena dengan melibatkan orang tua kita dapat belajar bersama mengenai pola positif mengasuh anak, menanggulagi zaman gadjet, pengasuhan 1.000 hari pertama manusia, bantuan pola asuh anak yang membutuhkan penanganan psikologis dan membicarakan perkembangan anak di kelas,” ujarnya.

Ia juga mengaku sudah menerapkan saat kegiatan pada lomba tujuh belas Agustus lalu. Lomba yang diadakan tidak hanya untuk anak namun juga melibatkan orang tua dalam lomba tersebut.

“Jadi kerjasama antara anak dan orang tua dalam lomba,” imbuhnya.

Meskipun lomba dalam rangka mempertingati Hari Kemerdekaan diadakan rutin tiap tahun, namun tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. “Dua tahun yang lalu hanya anak saja yang ikut lomba, kemudian tahun setelahnya orang tua dilibatkan sebagai panitia dan untuk tahun ini orang tua ikut serta dalam lomba,” paparnya.

Sebaanyak 125 siswa dari 8 kelas ini mengikuti berbagai lomba baik itu perwakilan kelas atau semua anak ikut lomba. Lombanya antara lain merias wajah ibu, menu empat sehat, lomba menghias kelas, memecah balon, lomba mewarnai dan menyiapkan bekal.

“Lomba ini merupakan awal yang kami lakukan, rencana ke depan kami ingin membentuk paguyuban wali murid di setiap kelas. Putusan yang dilakukan sekolah juga mendapatkan dukungan dari pihak yayasan,” ujarnya.

Ny Fitri Wawan Y, mewakili Yayasan Kemala Bhayangkari mengaku dengan keterlibatan orang tua dalam kegiatan di sekolah dapat mengajarkan anak untuk melakukan kegiatan secara mandiri.

“Dalam mengambil keputusan sekolah selalu melibatkan orangtua sehingga sinergi. Seperti halnya lomba yang melibatkan orang tua ini, kekompakan terlihat dalam acara ini. Menjadikan anak semangat dan orang tua pun bisa mengajarkan hal-hal positif kepada anaknya sehingga menjadikan anak lebih dewasa dan mandiri,” tuturnya.

Pihak yayasan pun dilibatkan dalam proses penjurian lomba yang diadakan dalam rangka memperingati HUT RI ke 74. “Kami berharap adanya lomba ini dapat membuat TK Bhayangkari 82 lebih maju dan unggul,” imbuhnya. (hen)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here