Tjahjo Kumolo Pastikan 60.000 ASN Pindah ke IKN 2023, Terbanyak TNI/Polri

Tjahjo Kumolo Pastikan 60.000 ASN Pindah ke IKN 2023, Terbanyak TNI/Polri
IKN. Menpan dan RB Tjahjo Kumolo menyatakan bahwa pemindahan ASN ke IKN bersifat mutlak dan mengikat. Foto: wiwid arif/magelang ekspres
MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, menegaskan bahwa aparatur sipil negara (ASN) harus siap pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).
Untuk diketahui bahwa Kementerian PANRB menyepakati 60.000 terdiri dari TNI/Polri dan ASN menjadi klaster pertama menghuni IKN pada akhir 2023.
“Sudah diputuskan atas saran Pak Presiden rapat dengan Bappenas, akhir tahun 2023 klaster pertama ASN dan TNI/Polri itu 60 ribu sudah ditempatkan di IKN,” kata Tjahjo usai meresmikan Mal Pelayanan Publik Kota Magelang, Kamis (17/3).
Ia menjelaskan bahwa ketentuan ASN, TNI/Polri yang dipindahkan ke IKN bersifat mengikat.
Namun demikan, soal hasil akhir jumlah ASN yang dikirim sangat bergantung pada kesiapan infrastruktur pendukung yang ada. Terutama perumahan untuk pegawai yang akan dikerjakan Kementerian PUPR.
“Kita tunggu saja pembangunan infrastruktur, akses jalan, transportasi, perumahan, fasilitas jaringan, dan lainnya. Karena fasilitas ini menjadi sarana utama mereka bisa menjalankan tugas dengan baik,” tuturnya.
Tjahjo menyebut, ASN yang dipindah ke IKN itu harus yang profesional. Termasuk juga memahami dan mampu mengoperasikan iptek, teknologi informasi, dan kolaborasi dengan baik.
Demikian juga dengan anggota TNI/Polri, katanya, harus memiliki kriteria yang menguasai teknologi sesuai kebutuhan. Di samping itu, mereka benar-benar telah memenuhi kualifikasi anggota yang profesional, cepat, tanggap, dan mampu mengorganisir masyarakat.
“Yang dibutuhkan adalah yang cepat, berani memutuskan sesuai aturan, terintegrasi, memahami area rawan korupsi, dan mampu menggerakkan dan mengorganisir masyarakat yang ada di lingkungannya dengan baik,” ujar Tjahjo. (wid)