Tinjau Lokasi Banjir Gresik, Mensos Bagikan Makanan dan Instruksikan Pendirian Tenda Darurat

Menteri Sosial Tri Rismaharini

MAGELANGEKSPRES.COM,GRESIK – Menteri Sosial Tri Rismaharini meninjau lokasi banjir Desa Cermenlerek, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Tiba sekitar pukul 10.00, Mensos langsung menunju titik-titik banjir dan berinteraksi dengan masyarakat.

Mensos menyapa masyarakat dan membagikan makanan kepada anak-anak dan orang tua. Mensos menyaksikan masih banyak warga yang menempati tenda-tenda sederhana di sepanjang jalan.

Mensos juga mengunjungi posko pengungsian di Madrasah Iibtidaiah Darul Ulum. Di sini Mensos menyapa para pengungsi dan membagikan makanan.

Kepada pihak terkait, Mensos meminta agar didirikan tenda sementara bagi warga. Selain membantu menjadi titik evakuasi sementara, tenda juga bisa berfungsi sebagai penampung barang milik warga seperti padi yang terlihat sedang dijemur di jalanan dan rawan basah oleh hujan.

“Saya minta bisa didirikan di sini. Supaya kalau ada bencana susulan masyarakat bisa mengakses jalur evakuasi. Tadi saya lihat ada warga jemur padi di jalanan. Itu bisa diselamatkan kalau ada tenda,” kata Mensos.

Dari lokasi banjir, Mensos juga menghubungi Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani melalui telepon agar diberikan dukungan peralatan untuk menormalisasi lokasi banjir. Mensos kemudian bergerak ke Posko Pengungsi dan Dapur Umum Desa Gluranploso, Kecamatan Benjeng.

Di sini, Mensos meninjau aktivitas dapur umum yang bisa memproduksi 1.000 porsi makanan siap santap untuk 2 kali makan. Mensos juga mengecek pasokan bantuan logistik yang dipastikan tersedia dalam jumlah yang cukup.

Kementerian Sosial melalui Taruna Siapa Bencana (Tagana) telah hadir sejak awal bencana dan membantu melakukan pendataan dan asesmen para penyintas bencana. Tagana juga membantu mengevakuasi warga dari lokasi kurang aman ke lokasi yang lebih aman dan membuka dapur umum.

Artikel Menarik Lainnya :  Menko Airlangga: Tahun 2024 Pemerintah Targetkan Penurunan Tingkat Kemiskinan Ekstrem Nol Persen

Tagana juga menyalurkan bantuan logistik untuk memastikan masyarakat terdampak bencana tercukupi kebutuhan dasarnya.

Untuk membantu warga, Kemensos telah menyalurkan bantuan logistik dari Gudang Logistik Dinas Sosial Provinsi Jatim berupa Makanan siap saji 260 paket, makanan anak 240 paket, family kit 20 paket, kids ware 50 paket matras 50 lembar, tenda gulung 50 lembar, Kasur 30 lembar, selimut 50 lembar.

Bantuan logistik dari Gudang Balai Rehabilitasi Sosial Solo berupa makanan anak 180 paket Kids Wear 48 paket, tenda gulung 100 paket, sarung 100 lembar.

Banjir di kawasan ini terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi pada Jumat (5/11) dinihari. Tingginya intensitas hujan mengakibatkan luapan Kali Lamong. Akibatnya, banjir merendam beberapa desa di Kecamatan Benjeng, Balongpanggang serta Kedamean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Lokasi terdampak banjir meliputi Kecamatan Benjeng, Kecamatan Balongpanggang, Kecamatan Kedamean. Desa yang terdampak meliputi Desa Cermen, Dusun Cermen (90 KK), Dusun Medeo (127 KK), Dusun Gerekan Kidul (137 KK), dan Dusun Gerekan Lor (55 KK).(rls)