Tingkatkan Sifat Religius, Siswa SMPN 2 Magelang Ikuti Taman Santri Ramadan

SAMBUTAN. Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur saat hadir dan membuka acara Gema Taman Santri Ramadan 1443 H, di Balai Pelajar SMPN 2 Magelang, Selasa (12/4).
SAMBUTAN. Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur saat hadir dan membuka acara Gema Taman Santri Ramadan 1443 H, di Balai Pelajar SMPN 2 Magelang, Selasa (12/4).

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM-Sejak ditetapkan menjadi sekolah religious, SMP Negeri 2 Magelang terus berupaya meningkan pendidikan keagamaan siswa. Keagaman tersebut tidak hanya untuk salah satu agama melainkan semuanya. Memasuki bulan Ramadan ini sekolah mengadakan kegiatan untuk meningkatkan nilai-lilai agama.

“Religius dan implemantasi nilai-nilai luhur tentang kebhinekaan dalam Pancasila, hari ini kami keluarga besar SMP Negeri 2 Magelang baik yang beragama Islam, Kristen dan Katolik bersama-sama di ruangan ini untuk melaksanakan program Prima Religius yaitu Gema Taman Santri Ramadan bagi yang beragama Islam dan Pendalaman Iman bagi yang beragama Kristen dan Katolik,” tutur Kepala SMPN 2 Magelang, Fatin Mahdalina dalam sambutannya, Selasa (12/4).

Dijelaskan Fatin, kegiatan Taman Santri Ramadan diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 7 dan 8 yang muslim. Kegiatan tersebut terbagi dalam dua kelompok yaitu sesi 1 pada hari Selasa (12/4) dan sesi 2 yaitu Rabu (13/4). Sedangkan seluruh peserta didik yang beragama Kristen dan Katolik pada waktu yang sama melaksanakan kegiatan pendalaman iman yang berpusat di ruang agama dengan agenda mendesain ruang bernuansa Paskah, Menghias telur Paskah, Pameran Telur Paskah, Pembacaan firman, dan Nobar Film kisah sengsara, wafat, dan Kebangkitan Yesus Kristus,”jelasnya

Ketua panitia, Prasetio menambahkan Gema Taman Santri dengan agenda kegiatan Spero bersholawat, Spero khatam khatam membaca Alquran, Spero khatam khatam menulis Alquran 30 juz dengan Metode Follow the Line, Spero Bertilawah, Spero Berzakat dan Gerakan ODOC, One Day One Coint. “Tujuannya untuk meningkatkan ketaqwan siswa sedta mengembangkan seni islamiyahnya. Dalam acara ini para siswa untuk menulis Alquran dan membaca Alquran secara khatam,”ujarnya.

Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur mengapresiasi kegiatan keagamaan bagi siswa yang diselanggarakan SMPN 2 Kota Magelang. Tidak hanya bagi muslim, tapi juga siswa Kristen, Katolik, dan agama lainnya.

Berkat kegiatan itu pula, sekolah di Jalan Piere Tendean Kota Magelang itu mendapat predikat SMP Religius.

“Saya berikan penghargaan setinggi-tinggi untuk SMPN 2 yang sudah jadi SMP Religius. Semoga siswa SMPN 2 kelak menjadi generasi penerus yang berakhlakul karimah,” tutur Mansyur, saat membuka Gema Taman Santri Ramadan 1443H di aula SMPN 2 Kota Magelang, Selasa (12/4).

Menurut Mansyur, dari sekolah religius ini diharapkan iman dan takwa pelajar meningkat, memiliki pengetahuan yang luas dan luwes, serta kerukunan kehidupan beragama yang mantab.

“Harapannya akan lahir generasi yang toleran, saling menghormati perbedaan,” ucap Mansyur.

Pada kesempatan itu, Mansyur juga mengingatkan saat ini banyak tantangan yang harus dihadapi, mulai dari adanya revolusi informasi, digitalisasi, hingga masuknya budaya asing yang tidak cocok dengan budaya lokal atau Pancasila.

Jika tidak dibendung dengan baik, hal itu akan mempengaruhi perilaku remaja, maraknya kekerasan, narkoba, kenakalan remaja dan sebagainya.”Budaya-budaya yang apik (baik) ditiru, kalau olo (jelek) tinggal pergi,” tandas Mansyur.

Sejumlah narasumber berkompeten dihadirkan yakni Wafiq Azizah, perwakilan UKM IQSAN dan perwakilan LazisMU. (hen)