Tidak Ada Penyekatan Area Perbatasan di Temanggung Saat Arus Mudik

CEK. Kapolres Temanggung AKBP Burhanuddin bersama Wakil Bupati Heri Ibnu WIbowo dan pimpinan FKPD mengecek kesiapan kendaraan usai gelar pasukan Operasi Ketupat Candi di halaman Mapolres setempat, Jumat (22/4/2022).(foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)
CEK. Kapolres Temanggung AKBP Burhanuddin bersama Wakil Bupati Heri Ibnu WIbowo dan pimpinan FKPD mengecek kesiapan kendaraan usai gelar pasukan Operasi Ketupat Candi di halaman Mapolres setempat, Jumat (22/4/2022).(foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM Kepolisian Resor (Polres) Temanggung tidak akan melakukan penyekatan kendaraan bermotor di sejumlah perbatasan saat arus mudik dan balik pada perayaan Idul Fitri 1443 H mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kapolres Temanggung AKBP Burhanuddin usai gelar pasukan Operasi Ketupat Candi di halaman Mapolres setempat Jumat (22/4/2022). Bahkan petugas tidak akan menyuruh pemudik untuk putar balik manakala ditemukan belum melakukan vaksinasi Covid-19.

“Tahun ini pemerintah telah memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mudik, kami akan melakukan operasi acak, jika ditemukan ada pemudik yang belum vaksin akan langsung kami berikan vaksinasi Covid-19, baik itu vaksin tahap pertama, kedua maupun booster,” jelas Kapolres.

Ia menyebutkan, pada pengamanan arus mudik dan balik tahun ini, pihaknya akan menerjunkan 450 personil. Mereka akan bertugas lebih maksimal dalam pelayanan kepada masyarakat saat libur panjang Lebaran.

Dikatakan, ratusan personil tersebut akan melakukan penjagaan dan pengamanan di lima pospam (pengamanan dan pemantauan) yang ada di wilayah hukum Polres Temanggung. Setiap pos akan difungsikan sesuai dengan kebutuhannya.

Disebutkan, kelima pos tersebut yakni, 3 pos pelayanan, satu pos terpadu, dan satu pos pengamanan. Setiap pos akan diisi petugas gabungan dari Polres, Kodim 0706, Dinas Kesehatan, Pramuka serta perwakilan ormas dan elemen masyarakat lainnya.

Sementara itu Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo mengatakan, pemerintah juga sudah mempersiapkan Satpol PP, petugas Damkar hingga pelayanan kesehatan kepada pemudik dan masyarakat yang merayakan Idul Fitri tahun ini.

“Persiapan sudah kami lakukan jauh-jauh hari, semoga saja mudik tahun ini bisa membuat masyarakat semakin kuat,” katanya.

Tidak hanya itu, persiapan sembako seperti, minyak goreng, beras serta sembako lainnya sudah dipastikan dalam kondisi aman, sedangkan bahan bakar, seperti bahan bakar minyak (BBM), gas elpiji hingga listrik juga sudah disiapkan.

“Semua sudah kami siapkan, harapan kami saat Liburan nanti masyarakat bisa lebih aman dan nyaman merayakan Idul fitri bersama keluarga,” harapnya. (set)