Tidak Ada Korban Jiwa

0
228
Tidak Ada Korban Jiwa
LONGSOR. Akses jalan antar Kabupaten Magelang dan Purworejo tertutup material longsoran, Dinas terkait terus melakukan pembersihan material longsoran.

SALAMAN – Akibat hujan deras mengakibatkan longsor di jalan utama Magelang-Purworejo Jumat dini hari (18/1). Material longsoran menutup jalur utama penghubung antar Kabupaten Magelang dan Purworejo,tepatnya di Dusun Gesing Desa Krasak, Kecamatan Salaman.

“Dugaan kami penyebab longsor disebabkan oleh hujan dengan intensitas deras disertai angin. Hujan turun Kamis (17/1) siang berlanjut hingga pagi di wilayah Salaman dan mayoritas wilayah Magelang.  Sehingga tebing di pinggir jalan Salaman Purworejo longsor pada pukul 03.00 WIB dini hari. Material longsoran menutupi jalan, dengan tinggi tumpukan material 4-5 meter, dan lebar 30 meter,” ucap Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto

Pembersihan material longsor yang menutup jalan utama Magelang Purworejo, namun minimnya alat dan medan terjal serta licin menjadi kendala dalam proses pembersihan ribuan kubik material tanah dan pepohonan tersebut.

Kabid Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Supranowo mengatakan, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menambah alat berat.

“Kita mengerahkan dua alat berat untuk melakukan proses pembersihan material longsor dan saat ini masih menunggu bantuan peralatan lain dari dinas terkait yakni Bina Marga propinsi dan DPU Kabupaten Magelang,” terang Pranowo.

Menurut Pranowo, diperkirakan proses penanganan akan memakan waktu lebih dari 12 jam. Sementara di sekitar lokasi longsor tidak tersedia akses terdekat atau jalur alternatif yang bisa dilalui warga maupun kendaraan. Guna beraktivitas, warga setempat terpaksa menyeberangi material longsoran dengan berjalan kaki.

Tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa tersebut. BPBD Kabupaten Magelang menghimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan, khususnya yang berada di daerah rawan bencana tanah longsor seperti perbukitan Menoreh.

Selain itu, juga terdapat bencana tanah longsor lain lokasi, yaitu Dusun Gejiwan, Desa Krasak, Kecamatan Salaman, akibatkan menutup akses jalan Gesikan serta menutup akses jalan dekat rumah penduduk. Juga mengancam delapan rumah warga dan saat ini 8 KK/ 26 Jiwa mengungsi di Masjid Dusun Gejiwan.

Tanah longsor di Dusun Krambetan, Desa Jogomulyo, Kecamatan Tempuran. Berdampak satu rumah rusak ringan. Tanah longsor di Dusun Kebonagung wetan, Desa Jogomulyo, Tempuran. Tanah Longsor Dusun Bandungan, Desa Jogomulyo,  Tempuran, Satu rumah rusak ringan.

Tanah longsor di Dusun Kalipelus, Desa Wuwuharjo, Kecamatan Kajoran, berdampak menutup akses jalan dan mengenai jaringan listrik. Terdapat korban atas nama Wowoh (37) meninggal dunia akibat tersengat aliran listrik. Dan

Sururi (50) mengalami luka ringan akibat tersengat aliran listrik.(cha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here