Tetap Semangat Peringati HUT ke-75 RI, Warga Hormat Bendera di Depan Rumah

HORMAT. Warga Hormat Bendera di depan rumah masing-masing di Perum Permata Hijau Mudal Mojotengah
HORMAT. Warga Hormat Bendera di depan rumah masing-masing di Perum Permata Hijau Mudal Mojotengah

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, yang terpaksa diperingati di tengah masa prihatin akibat pandemi covid-19, ternyata tak menyurutkan semangat warga untuk tetap menghormati perjuangan para pahlawan. Meski tidak dalam bentuk upacara bendera, masyarakat berusaha menunjukkan patriotisme mereka. Salah satunya dengan cara mematuhi imbauan untuk menegakkan sikap sempurna selama 3 menit, saat sang Merah Putih dikibarkan dengan iringan lagu Indonesia Raya.

Di RW 10 Perumahan Permata Hijau, Kelurahan Mudal Kecamatan Mojotengah, sejumlah warga bahkan terlihat menghormat bendera di depan rumah masing-masing, tepat pukul 10.17 WIB, Senin (17/8/2020).

Penghormatan kepada sang merah putih tersebut, menurut sejumlah warga merupakan bentuk bakti kepada negara, serta menghargai perjuangan pendahulu bangsa yang telah berjasa membawa Indonesia menjadi bangsa merdeka.

Ketua RW 10 Permata Hijau, Endang Hambali mengatakan, ketika ditemui usai mengkoordinir warga untuk hormat bendera, mengakui kegiatan tersebut merupakan implementasi dari Imbauan pemerintah melalui surat edaran petunjuk peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-75.

Baca juga
Saat Terdengar Sirine, Warga Kota Magelang Hentikan Aktivitas, Mengambil Sikap Sempurna dan Beri Hormat

“Kami berupaya untuk turut mematuhi imbauan pemerintah untuk tetap memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini dengan khidmat, minimalis dan taat protokol kesehatan,” tutur Endang.

Mengingat protokol kesehatan itu pula, warga disebut Endang cukup memberikan penghormatan bendera di kediaman masing-masing, sehingga tidak ada keramaian ataupun kerumunan. Perangkat RW 10 serta seluruh jajaran pengurus RT setempat, menurut Endang juga menjalankan imbauan pemerintah untuk menyemarakkan suasana HUT Kemerdekaan dengan memasang puluhan umbul-umbul dan hiasan sepanjang jalan utama perumahan.

“Pada prinsipnya, meski di kalangan warga tidak ada lagi kegiatan sebagaimana tahun lalu yang meriah dengan berbagai lomba, semangat kami tetap sama yaitu menghormati perjuangan para pahlawan bangsa,” pungkasnya. (win)

Artikel Menarik Lainnya :  Bupati Wonosobo Tegaskan Komitmen Bangun Pemerintahan Terbuka dan Inovatif