Tertunda 6 Bulan, UNIMMA Akhirnya Gelar Wisuda dengan Protokol Kesehatan

PROTOKOL KESEHATAN. Wisuda sarjana dan ahli madya UNIMMA, digelar dengan sederhana dan patuh disiplin protokol kesehatan dengan membawa faceshiled menaikki kendaraan golf di Borobudur International and Golf Magelang,
PROTOKOL KESEHATAN. Wisuda sarjana dan ahli madya UNIMMA, digelar dengan sederhana dan patuh disiplin protokol kesehatan dengan membawa faceshiled menaikki kendaraan golf di Borobudur International and Golf Magelang,

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG SELATAN – Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) baru bisa melaksanakan wisuda sarjana dan magister kemarin, akibat adanya pandemi virus corona. Padahal jika dalam kalender akademik mestinya wisuda tersebut digelar pada bulan Maret lalu.

Rektor UNIMMA, Dr Suliswiyadi MAg mengatakan, wisuda tersebut diikuti 240 mahasiswa. Mereka merupakan wisudawan dan wisudawati magister, sarjana, dan ahli madya ke-72 periode II tahun akademik 2019-2020.

Berbeda dengan wisuda sebelumnya, kali ini digelar di Borobudur International Golf. Ia menjelaskan meski dalam keadaan serba terbatas, karena hanya dihadiri wisudawan tanpa orangtua/wali, namun hal tersebut tidak mengurangi tujuan dari wisuda itu sendiri.

“Semoga wisuda kali ini tetap menjadi momen yang menggembirakan bagi wisudawan, orangtua wisudawan, dan UNIMMA,” katanya.

Pada kesempatan itu, Sulis juga memaparkan bahwa kampusnya, UNIMMA mendapatkan peringkat ke-94 dan peringkat ke-5 dari perguruan tinggi Muhammadiyah se-Indonesia.

“Rangking ke-94 di antrara semua perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi keluarga besar UNIMMA,” ujarnya.

Sulis melanjutkan, wisuda kali ini digelar secara sederhana dan singkat. Hal ini karena masih terjadi pandemi Covid-19.

“Walau begitu, saya berpesan kepada wisudawan dan wisudawati mampu kembali berkontribusi baik di lingkungannya, di masyarakat, ataupun intansi,” paparnya.

Yang menarik dalam wisuda itu, mereka menaikki golf car (mobil golf). Wisudawan dipanggil satu per satu kemudian diantar oleh caddy untuk mendapatkan ijazah dengan sistem drive thru.

Baca Juga
Wali Murid Keluhkan KBM Daring, Walikota Magelang Minta Warganya Bersabar Demi Anak-anak

Kepala Biro Akademik sekaligus Ketua Panitia Wisuda ke-72 UNIMMA, Dr Lilik Adriyani SE MSi menambahkan, prosesi wisuda sengaja diundur hingga 6 bulan, karena adanya pandemi Covid-19.

Artikel Menarik Lainnya :  Gegara Erick Thohir, Toilet Umum di Kota Magelang Akhirnya Digratiskan

“Setelah berbagai pertimbangan akhirnya diputuskan digelar sekarang dengan protokol kesehatan secara ketat. Panitia juga menyediakan face shield, masker, dan hand sanitizer sebagai souvenir,” ungkapnya.

Sebelum memasuki area, wisudawan dan wisudawati dicek suhu tubuhnya. Mereka juga wajib mengenakan masker dan cuci tangan dengan sabun.

“Dari 240 mahasiswa yang diwisuda kali ini, terdiri dari 8 wisudawan S2, 224 wisudawan S1, dan 8 wisudawan ahli madya,” jelasnya.

Selain itu, sebanyak 30 wisudawan lulus dengan predikat cumlaude, dengan indeks prestasi komulatif tertinggi 3,83. Peraih wisudawan terbaik ini adalah Werdi Ningrum dari Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNIMMA. (wid)