Terpilih Sebagai Lokasi Benchmarking Kemensetneg

Setneg
KUNJUNGAN. Wakil Walikota Magelang Windarti Agustina beserta menerima kunjungan peserta Diklatpim tingkat IV Kementerian Kemensetneg, kemarin.

MAGELANG SELATAN – Kota Magelang menerima kunjungan dari peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) tingkat IV Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Selasa (30/7). Kunjungan mereka ini bukan tanpa alasan, karena Kota Magelang dianggap telah berhasil menuai banyak prestasi dari berbagai inovasi yang dibuat.

Kepala Pusat Diklat Kemensetneg, Samidi Fahrudin mengatakan, diirinya bersama 30 peserta datang untuk mempelajari tentang inovasi yang dibuat Pemkot Magelang. Kemudian juga mengetahui seluk beluk perubahan maupun perbaikan agar program pemerintah bisa bermanfaat bagi masyarakat.”Kita ingin melihat bagaimana dari segi kepemimpinan Walikota Magelang, organisasi perangkat daerah (OPD) dan stakeholder terkait, untuk membangun tim, menjaga keberlanjutan inovasi, sampai manfaat dan tanggapan masyarakat terhadap inovasi ini,” kata Samidi.

Dia mengaku mengetahui jika Kota Magelang baru saja meraih tiga penghargaan sekaligus di bidang inovasi, antara lain aplikasi Siap Uji KIR Online dari Dinas Perhubungan (Dishub). Lalu, Data Kota Magelang Open (DataGO) dari Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominsta), dan Pengembangan Iptek dan Harmonisasi Inovasi dari Badan Penelitian dan Pengembangan dari Balitbang Kota Magelang.”Pemilihan lokasi/daerah Benchmarking sangat ketat, harus punya prestasi, minimal Top 99 Inovasi Pelayanan Publik. Diharapkan inovasi dan prestasi Kota Magelang menjadi inspirasi juga motivasi pada peserta untuk melakukan hal sama di Kemensetneg,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Magelang Windarti Agustina saat menerima rombongan di Ruang Sidang Lantai 2, kompleks Kantor Walikota Magelang, mengaku bangga kotanya menjadi lokasi benchmarking. Ini membuktikan jika Kota Sejuta Bunga mampu menerapkan inovasi sebagai pendorong layanan optimal pemerintah kepada masyarakat.”Tentunya momentum ini dapat memperkuat relasi, sekaligus membangun motivasi sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Para peserta akan diajak melaksanakan kunjungan lapangan, sehingga memperoleh gambaran yang komprehensif terkait materi yang disampaikan,” tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Polisi Bongkar Jaringan Pinjol Ilegal, Umumkan Tujuh Tersangka, Ada yang tugasnya Membully dan Menista Konsumen...

Windarti menjelaskan, tiga inovasi yang dipilih Kemensetneg memang telah membawa Kota Magelang meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional yakni penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2018 (Siap Uji KIR), Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019 (DataGO) dan Peringkat I Nasional Anugrah Budhipraja (Pengambangan Iptek dan Harmonisasi Inovasi). ”Kami memiliki komitmen yang kuat dalam melaksanakan pembangunan dan penataan di berbagai bidang. Komitmen ini telah membawa prestasi berbagai aspek seperti kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah serta kinerja pembangunan ekonomi, pembangunan manusia, penanggulangan kemiskinan,” pungkasnya. (wid)