Ternyata 40 Persen Dana Desa di Wonosobo Digunakan untuk BLT

Ternyata 40 Persen Dana Desa di Wonosobo Digunakan untuk BLT
Kadinsos PMD Wonosobo, Harti

MAGELANGEKSPRES, WONOSOBO – Pemerintah Kabupaten Wonosobo melalui Dinas sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) memastikan penggunaan anggaran Dana Desa (DD), 40 persen dialokasikan untuk Bantuan Langsung Tunai ( BLT).

“Pada tahun 2022 yang sudah ditetapkan Pemerintah Pusat, itu sebesar 40 persen DD dialokasikan untuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT),” ungkap Kadinsos PMD Wonosobo, Harti.

Menurutnya, sesuai ketetapan Pemerintah Pusat untuk alokasi dana desa sebesar 40 persen untuk penyaluran BLT, kemudian 8 persen untuk penanganan pandemi Covid-19, dan sebesar 20 persen untuk program ketahanan pangan dan hewani.

“Sedangkan  sisanya sebesar 32 persen DD itu untuk melaksanakan program lainnya. Seperti pembangunan fisik infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, pelatihan, maupun program kegiatan lainnya,” ucap mantan Camat Leksono itu.

Penggunaan DD 40 persen untuk BLT pada tahun anggaran 2022 berdasarkan Peraturan Presiden No.104/2021 tentang rincian APBN tahun anggaran 2022. ” Untuk menentukan sasaran dari BLT tersebut, Dinsos PMD akan membantu pihak desa,” pungkasnya.(gus)

Artikel Menarik Lainnya :  Renovasi Sisi Timur Selesai, Selangkah Lagi Pasar Induk Wonosobo Ditempati