Terminal Mendolo Gelar Pemeriksaan Genose C19

PEMERIKSAAN. Terminal Tipe A Mendolo Wonosobo, mulai  gelar  pemeriksaan GeNose C19 bagi crew bus dan penumpang Antar Kabupaten Antar Provinsi (AKAP).

MAGELANGEKSPRES.WONOSOBO – Terminal Tipe A Mendolo Wonosobo mulai gelar  pemeriksaan GeNose C19 bagi crew bus dan penumpang Antar Kabupaten Antar Provinsi (AKAP) komplek terminal setempat. Selama 30 hari kedepan akan melakukan sampel pemeriksaan terhadap 10 orang.

“Pemeriksaan GeNose C19 yang pertama kali dilakukan bagi pengemudi dan penumpang. Sehari kami mengambil sampel 10 orang secara acak yang terdiri dari crew bus maupun penumpang,” ungkap Koordinator Satpel Terminal Tipe A Mendolo Wonosobo Suyono, kemarin.

Menurutnya  pelaksanaan pemeriksaan GeNose C19 ini dimaksudkan untuk melakukan antisipasi penularan dan penyebaran penyakit covid-19 sejak dini bagi pelaku transportasi dan penumpang bus selama bulan ramadan ini.

Kegiatan serupa juga dilakukan di 20 terminal bus di Jawa Tengah secara serentak. Selama 30 hari kedepan secara rutin akan dilakukan kegiatan yang sama di komplek terminal AKAP. Perhari minimal akan dilakukan pengambilan sampel bagi 10 orang pelaku transportasi dan penumpang.

Baca Juga
Penyandang Disabilitas Dipercaya Membuat Kue Kering

“Hari ini serentak di 20 terminal bus di Jjateng, termasuk di Wonosobo,” ucapnya.

Sosialisasi perihal pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) covid-19 bagi crew bus dan penumpang dalam aktivitas sehari-hari. Baik saat berada di komplek terminal maupun saat dalam perjalanan. Penggunaan masker, jaga jarak atau hindari kerumunan, kemudian sering cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir

“Selalu kami ingatkan. Jangan lupa selalu pakai masker saat berada dalam perjalanan.  Jaga jarak dan rajin cuci tangan dengan sabun di air mengalir dan senantiasa jaga kesehatan. Crew bus juga harus selalu mengingatkan penumpang untuk menerapkan prokes Covid-19,” tandasnya.

Berdasarkan pemeriksaan terhadap  10 crew bus dan penumpang yang baru turun dari perjalanan ibu kota Jakarta, yang diperiksa menggunakan GeNose C19. Semua hasilnya negatif. Namun jika nanti ada crew bus maupun penumpang hasilnya positif, maka akan diulang pemeriksaan 3 kali lagi.

Artikel Menarik Lainnya :  Sempat Ditolak Warga, Pembongkaran Median Jalan di Pertigaan Pasar Berlanjut

“Jika hasilnya ada yang  positif yang bersangkutan disarankan segera melakukan swab covid-19 di rumah sakit atau puskesmas terdekat,” pungkasnya. (gus)