Temanggung Gelar Vaksinasi di Tempat Hajatan

Sekretaris Dinas Kesehatan Temanggung Dwi Sukarmei (Foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Pemerintah Kabupaten Temanggung akan menyasar tempat-tempat hajatan sebagai tempat vaksinasi Covid-19. Langkah ini dilakukan untuk mengejar target tercapainya 100 persen vaksin Covid-19 di negeri tembakau ini.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei mengatakan, tempat hajatan menjadi salah satu target pelaksanaan vaksinasi, karena di tempat ini akan banyak masyarakat yang diundang.

“Kami akan mengubungi yang punya hajat terlebih dahulu, kemudian setelah itu baru akan kami laksanakan vaksinasi, ini juga demi keamanan dan kenyamanan dari tamu undangan,” kata Dwi, kemarin.

Ia menuturkan, petugas kesehatan di tempat hajatan itu juga akan menyesuaikan dengan hajatan yang sedang dilaksanakan. Dengan demikian tamu undangan tidak merasa ada perbedaan.

Selain di tempat hajatan, sejumlah puskesmas di Kabupaten Temanggung juga melakukan inovasi dalam percepatan program vaksinasi Covid-19.

“Inovasi dalam percepatan vaksinasi ini untuk mengejar target 100 persen capaian vaksinasi di Kabupaten Temanggung pada Maret 2022,” ungkap Dwi.

Ia menyebutkan inovasi yang dilakukan, antara lain Puskesmas Tretep menyelenggarakan vaksinasi di tempat hajatan, Puskesmas Temanggung melakukan vaksinasi di tempat wisata, dan Puskesmas Jumo melakukan vaksinasi pada malam hari di desa-desa.

“Kami sampaikan apresiasi kepada teman-teman di Puskesmas yang telah melakukan terobosan dalam menjaring masyarakat untuk melakukan vaksinasi,” katanya.

Dwi menyampaikan berdasarkan data pada Senin (3/1) vaksinasi dosis I di Kabupaten Temanggung mencapai 78,80 persen dari sasaran 624.346 jiwa. Dosis II di angka 64,55 persen, kemudian dosis I lansia mencapai 64,71 persen dari sasaran 84.783 orang.

“Sasaran vaksinasi untuk masyarakat umum tinggal sekitar 21 persen, maka perlu inovasi-inovasi untuk menjangkau mereka agar melaksanakan vaksinasi,” katanya. (set)

Artikel Menarik Lainnya :  KPUD Temanggung Mulai Ancang-ancang Sambut Pemilu, Langkah Awal Verifikasi Parpol