Tebing Longsor, Tutup Akses Jalan Penghubung 2 Desa di Temanggung

Tebing Longsor, Tutup Akses Jalan Penghubung 2 Desa di Temanggung
Para petugas BPBD Kabupaten Temanggung dibantu para relawan tengah meninjau lokasi longsor yang terjadi di Dusun/Desa Sucen Kecamatan Gemawang, Rabu (11/5). Foto: dok.BPBD Kabupaten Temanggung.

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Diduga akibat kondisi tanah yang tak mampu menahan kandungan air, tebing setinggi 70 meter dengan lebar mencapai 50 meter yang terdapat di Dusun/Desa Sucen, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung mengalami longsor. Longsor sendiri terjadi pada Rabu (11/5), sekitar pukul 2.30 WIB dini hari.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Toifur Hadi menyebut, pihaknya sampai saat ini masih terus melakukan upaya assesment dan tetap fokus pada penanganan di lokasi bencana.

Pasalnya, tumpukan material tanah yang longsor menutup badan utama jalan serta mengakibatkan akses penghubung antara Desa Sucen dan Desa Krempong lumpuh dan tidak dapat dilintasi kendaraan roda dua maupun empat.

“Sampai saat ini kami masih terus meninjau lokasi bencana dan mengerahkan personil dibantu para relawan untuk melakukan penanganan. Sejauh ini material longsoran tanah menutup badan ruas jalan penghubung antar desa dan tidak dapat dilintasi kendaraan roda dua maupun empat,” jelasnya.
Menurutnya, pihaknya sejauh ini masih terus melakukan langkah pendataan dan mengirimkan bantuan logistik.

“Termasuk upaya pembersihan material dengan menurunkan alat berat. Sebagai langkah awal penanganan,” pungkasnya. (riz)