Target Porprov 2023 Kota Magelang Naik Jadi 9 Besar

Target Porprov 2023 Kota Magelang Naik Jadi 9 Besar
LATIHAN. Atlet-atlet Kota Magelang giat berlatih sebagai sarana pencapaian target 9 besar peringkat Porprov Jawa Tengah tahun 2023 mendatang. Foto : dok/magelang ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Magelang di ajang Porprov Jawa Tengah 2023 di Pati mendatang menargetkan finish di 9 besar. Target ini naik satu peringat dari sebelumnya, karena melihat potensi dan kesiapan cabang olahraga (Cabor) di Kota Magelang.

Wakil Ketua Umum 1 KONI Kota Magelang Kartono mengatakan, kenaikan target itu disepakati usai rapat koordinasi antara KONI, Pemkot Magelang, Dewan Penyantun KONI, masyarakat, dan lainnya. Menurut dia, kenaikan target sangat realistis apabila melihat kesiapan serta potensi para atlet sejauh ini.

“Target masuk di 9 besar ini juga tanpa alasan, karena tidak lain tujuan kami adalah membangkitkan semangat atlet dan cabor,” katanya, kemarin.

Ia meminta ajang Pra Porprov 2022 ini mampu dimanfaatkan betul sebagai sarana latihan dan seleksi. Hal ini agar nantinya, kontingen Kota Magelang bisa membawa atlet sebanyak-banyak di ajang Porprov Jateng.

“Sasaran Pra Porprov ini menjadi sangat penting. Karena setelah itu bersama-sama cabang olahraga kita menetapkan mana yang mempunyai peluang mendapat emas dan perak, yang sangat mempengaruhi penentuan peringkat,” tuturnya.

Menurutnya, pada Porprov 2018 Kota Magelang menduduki peringkat 16 dengan meraih 13 emas, 16 perak dan 16 perunggu. Berbeda dengan dulu, sekarang sejumlah cabor unggulan semakin bertambah.

“Dengan modal ini kami yakin target 9 besar bakal tercapai. Capaian target ini sebenarnya berasal dari para peserta rakor dan cabor sendiri. Tadinya 16 besar sekarang jadi 9 besar. Tentu harus kita dukung,” tandasnya.

Mantan Kepala SMK Negeri 1 Magelang itu menambahkan, ia didampingi Sekretaris KONI Jarwadi membagikan bonus di awal, bagi cabor yang berani memasang target memperoleh medali emas pada Porprov Jawa Tengah tahun 2023 nanti.

“Tujuannya untuk membangkitkan semangat atlet dan cabor bahwa target emas itu tidaklah mustahil sepanjang kita mau berusaha sekuat dan semaksimal mungkin,” tandasnya.

Wakil Ketua Dewan Penyantun KONI Kota Magelang Sugiharto menuturkan bahwa dukungan pihaknya merasa beruntung karena dukungan dari Pemkot Magelang sudah maksimal. Bahkan pada APBD Perubahan 2022 Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz sengaja menambah anggaran untuk KONI sekitar Rp1 miliar sebagai bentuk perhatian terhadap prestasi olahraga.

“Jadi sudah tidak ada kendala,” tegas mantan Sekda Kota Magelang itu.

Menurutnya, fokus yang harus diperhatikan sekarang ini adalah memberi perhatian lebih kepada atlet, pelatih, dan cabor prioritas pendulang medali emas dan perak.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Kota Magelang Ali Sobri Sungkar menjelaskan, pada 31 Mei-1 Juni 2022 Binpres KONI akan menggelar kegiatan tes prestasi kepada atlet baik saat berlatih maupun saat bertandang.

“Harapannya ada kenaikan fisik atlet sehingga tujuan dan harapan kita semua Kota Magelang bisa berunjuk gigi di ajang Porprov Jawa Tengah maupun Pra Porprov 2022,” pungkasnya. (wid)