Tangkal Corona, APTI Bagikan Masker Gratis

BAGIKAN. APTI membagikan masker gratis di pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung 
BAGIKAN. APTI membagikan masker gratis di pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung 

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Kampanye wajib menggunakan masker saat terpaksa harus beraktivitas di luar rumah terus digaungkan. Tidak hanya oleh lembaga resmi dari pemerintah saja, namun juga dilakukan oleh lembaga sosial masyarakat (LSM), salah satunya Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) di pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung, Sabtu (18/4).

Yamuhadi salah satu pengurus APTI Temanggung mengatakan, di saat pandemi Virus Corona (Covid-19) saat ini, semua elemen lapisan masyarakat harus bererak bersama agar, penyebaran virus asal negara Cina ini bisa dicegah.

“Kita punya tanggungjawab yang sama, tidak hanya pemerintah saja. Sebagai masyarakat kita juga punya tanggungjawab yang sama dalam pencegahan penyebaran virus corona ini,” katanya.

Menurutnya, kampanye menggunakan masker ini harus terus dilakukan, hingga semua lapisan masyarakat mengerti dan memahami pentinnya menggunakan masker di tengah pandemi seperti ini.

Melalui media sosial maupun media mainstream, kampanye menggunakan masker ini sudah dilakukan oleh semua jajaran. Tapi kampanye langsung turun ke jalan juga sangat perlu dilakukan.

Mengingat tidak semua masyarakat memiliki android atau telepon genggam dan belum tentu masyarakat menonton TV, mendengarkan radio atau membaca koran.

“Bagi kami kampanye langsung turun ke lokasi sangat penting, dengan demikian masyarakat menjadi lebih tahu dan mengerti serta memahami arti penting masker untuk melindungi diri,” terang Yamuhadi.

Dalam kampanye kali ini, jajaran pengurus APTI juga membagikan masker secara gratis kepada pedagang dan pengunjung pasar serta penguna jalan yang kebetulan sedang melintas di pasar tersebut.

“Sasarannya adalah semua masyarakat, tidak hanya pedagang saja,” ujarnya.

Selain membagikan masker, pengurus APTI juga menempelkan stiker bertuliskan “Maskeran Tetap Keren” di sejumlah kendaraan yang diparkir di pinggir Jalan S Parman Temanggung.

“Ini salah satu bentuk kepedulian APTI untuk ikut mengantisipasi penyebaran pandemi corona yang telah melanda seluruh dunia.Kita mendukung program pemerintah, kita memaskerisasi masyarakat Kabupaten Temanggung sebagai upaya mencegah penularan COVID-19,” katanya.

Yamuhadi menyebutkan, kegiatan di Pasar Kliwon Temanggung itu dibagikan sebanyak 2.500 masker yang sebagiannya dibuat oleh para petani tembakau. Sedangkan ke depan kegiatan itu juga akan dilakukan di beberapa pasar tradisional lain di Temanggung.

“Insyaallah besok Rabu (22/4) kita akan mengadakan acara yang sama di Pasar Parakan, kemudian dilakukan di Pasar Ngadirejo,” katanya.

Ia berharap dengan pembagian masker gratis ini bisa membantu meringankan beban pemerintah dalam menyosialisasikan pentingnya menggunakan masker sekaligus membantu masyarakat yang masih kesulitan mencari masker.

“Sampai saat ini kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker masih rendah, semoga saja ke depan masyarakat semakin sadar dan peduli untuk mengunakan masker,” katanya.

Sementara itu Seorang pedagang pasar, Markamah, menyatakan mendukung kampanye itu, karena masker bermanfaat mengantisipasi penularan Virus Corona. Selain itu dengan menggunakan masker udara yang terhirup menjadi lebih bersih.(set)