Tangani Covid-19, RSUD Merah Putih Magelang Masih Berbenah

DIREKTUR. Plt Direktur RSUD Merah Putih, Leli Puspitowati.
DIREKTUR. Plt Direktur RSUD Merah Putih, Leli Puspitowati.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Ditunjuk sebagai rumah sakit khusus menangani covid-19, RSUD Merah Putih hingga saat ini masih terus berbenah dan mempersiapkan segala sesuatunya. Termasuk, peralatan dan kesiapan secara psikis bagi para tenaga medisnya.

Plt Direktur RSUD Merah Putih, Leli Puspitowati mengatakan, RSUD Merah Putih sendiri telah melakukan persiapan dari nol. Pasalnya rumah sakit yang dipimpinnya juga baru diresmikan beberapa bulan lalu. Sehingga, belum beroperasi secara optimal.

“Jadi kami ini mempersiapkan rumah sakit dari nol. Maka persiapan yang kami lakukan meliputi persiapan secara fisik yang sangat detail seperti ruang dan akses. Kemudian sarana pra sarana yang juga sesuai standar seperti Alat Kesehatan (Alkes) yang harus butuh penyesuaian,” papar Leli Puspitowati, Senin (11/5).

Menurutnya, yang tidak kalah pentingnya adalah kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) seperti dokter, para medis, dan SDM non medis lainnya yang masih perlu dipersiapkan secara matang.

“Kami sudah melakukan pelatihan sebelumnya seperti pelatihan simulasi dan sebagainya. Sebenarnya yang paling penting saat ini adalah kesiapan secara psikis bagi para tenaga medis terutama saat menangani pasien positif covid-19,” terang Leli.

Sedangkan untuk ruang isolasi sendiri saat ini RSUD Merah Putih telah menyiapkan sebanyak 88 Bed (tempat tidur).

“Sebenarnya kalau untuk persiapan secara reguler kami sudah siap. Tetapi kalau untuk penanganan covid-19 ini memang harus lebih detail lagi. Selain itu alurnya juga butuh persiapan khusus,” pungkas Leli.(cha)