Tanamkan Cinta Tanah Air, SMK Citra Medika Gelar Peringatan HUT RI Secara Virtual

VIRTUAL. Siswa SMK Citra Medika melangsungkan upacara bendera peringatan HUT RI dengan peserta terbatas, diikuti seluruh siswa dan keluarga secara virtual. (foto : IST/magelang ekspres)
VIRTUAL. Siswa SMK Citra Medika melangsungkan upacara bendera peringatan HUT RI dengan peserta terbatas, diikuti seluruh siswa dan keluarga secara virtual. (foto : IST/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Hari Kemerdekaan RI ke-76 diperingati secara unik oleh SMK Citra Medika Kota Magelang. Sekolah tersebut melangsungkan upacara bendera peringatan HUT RI secara virtual.

Kegiatan bertajuk ”Nasionalisme Itu Aku” dilaksanakan, Selasa (17/8). Peringatan ini sebagai ungkapan rasa bangga dan kecintaan terhadap Indonesia.

”Di masa pandemi seperti ini, tidak mengurangi rasa nasionalisme bagi sekolah dengan menggelar upacara yang dikemas secara kreatif. Harapan kami, rasa menghargai jasa para pahlawan bisa kita ungkapkan dengan nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air,” kata Kepala SMK Citra Medika Kota Magelang, Hendratno Widhiatmanto SE MM, kemarin.

Ia menjelaskan, sebagai civitas akademi pendidikan, rasa kebangsaan dan nasionalisme harus senantiasa ditingkatkan. Salah satunya, dengan melaksanakan upacara bendera walaupun serba terbatas karena masih dalam suasana pandemi Covid-19.

”Diharapkan pula kegiatan ini mampu mempertebal rasa kebangsaan, meningkatkan disiplin siswa, sebagai bentuk kepedulian terhadap negara, dan melatih ketertiban siswa,” katanya.

Pelaksanaan upacara virtual ini diikuti seluruh guru, karyawan, dan siswa SMK Citra Medika. Mereka mengikuti Upacara HUT RI dari rumah masing-masing.

”Yang paling unik karena siswa ini harus didampingi keluarganya masing-masing. Keluarga wajib mengenakan busana putih atasan sedangkan siswa memakai seragam OSIS,” ujarnya.

Tidak hanya itu, setiap siswa, usai upacara juga wajib mengirimkan foto kreasi terbaik bersama dengan keluarga.

”Misalnya ada orangtua atau saudara juga kita harapkan ikut upacara. Foto-foto kreasi terbaik ini kemudian dikirim ke SMK Citra Medika sebagai bentuk apresiasi terhadap sekolah. Setiap foto harus ada jargon yang mereka berikan,” tuturnya. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  Bus Maju Makmur Terbakar di Garasi, Beruntung Tak Ada Penumpang