Tak Mau Kalah, Beginilah Suasana Para Penyandang Disabilitas Ramaikan Lomba HUT RI

Tak Mau Kalah, Beginilah Suasana Para Penyandang Disabilitas Ramaikan Lomba HUT RI
Para penerima manfaat di Sentra Terpadu Kartini Kabupaten Temanggung saat mengikuti perlombaan dalam rangka ikut memeriahkan HUT RI ke-77, Selasa (16/8/2022). Foto: rizal ifan chanaris.

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Bahwa kemerdekaan ialah milik segenap warga negara Republik Indonesia. Pesan itulah yang sekiranya ingin disampaikan oleh penerima manfaat di Sentra Terpadu Kartini Kabupaten Temanggung dalam rangka menyambut sekaligus memeriahkan HUT RI yang ke-77.

Para penyandang disabilitas tersebut tampak begitu bersemangat kala mengikuti beragam perlombaan yang diselenggarakan pada Selasa (16/8/2022) siang. Sikap pantang menyerah mereka sangat kentara saat saling berebut menjadi pemenang dalam berbagai ajang perlombaan.

Ketua Tim Kerja Terapi Fisik Mental Spiritual Vocasional dan Pembinaan Kewirausahaan Sentra Terpadu Kartini Kabupaten Temanggung sekaligus panitia lomba, Suryo Sutiyoso mengungkapkan, terdapat sedikitnya 8 jenis perlombaan yang digelar selama dua hari berturut-turut.

Antara lain memasukkan pensil ke dalam botol, balap kelereng, makan kerupuk, holahop, memindahkan tepung dalam piring, hingga lomba pecah air.

Dijelaskan, lomba tersebut diikuti oleh 77 orang penerima manfaat yang terbagi dalam kategori individu maupun kelompok. Mereka berasal dari berbagai klaster mulai disabilitas mental maupun intelektual.

“Tujuan perlombaan ini adalah untuk menggali berbagai potensi yang mereka miliki. Baik segi kognitif, aktualisasi diri, hingga kerjasama tim atau kelompok,” jelasnya.

Tak hanya itu saja, perlombaan tersebut semata-mata digelar untuk turut memeriahkan jelang perayaan HUT RI ke-77 sekaligus menggelorakan semangat kebangsaan agar senantiasa cinta terhadap tanah air.

“Ada makna lebih mendalam, bahwa kemerdekaan tak hanya dirasakan oleh masyarakat pada umumnya. Namun juga para penyandang disabilitas, khususnya di STK Kabupaten Temanggung, dan mereka dimanapun berada pada umumnya,” pungkasnya. (riz)