Strategi Komunikasi Pemasaran di Era Digital

Strategi Komunikasi Pemasaran di Era Digital
Muh Habib, S.Pd., Mahasiswa Magister Manajemen, FE UST Yogyakarta

Oleh: Muh Habib, S.Pd., Mahasiswa Magister Manajemen, FE UST Yogyakarta

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju ditandai dengan berkembangnya media komunikasi. Salah satu bentuk media komunikasi dari perkembangan teknologi tersebut adalah media komunikasi digital. Pada era sekarang tidak heran apabila masyarakat menjadi ketergantungan dalam penggunaan media digital, karena media digital mempermudah masyarakat menjalani aktivitas sehari-hari seperti chating, melakukan transaksi online, mencari informasi di internet, bahkan sampai memesan makanan atau pakaian bisa dilakukan melalui media digital.

Di zaman modern ini, berkomunikasi melalui media digital sudah terbilang lumrah. Apabila dahulu masyarakat berkomunikasi dengan cara menulis surat menggunakan kertas dan pena, sekarang masyarakat berkomunikasi hanya dengan cara mengetik pada media digital seperti chating. Berkomunikasi melalui media digital seperti itu memudahkan masyarakat dalam menyampaikan informasi dan lebih efektif juga proses penyampaian pesannya karena lebih cepat dibandingkan dengan mengirim surat. Manusia tidak akan lepas dari kegiatan komunikasi dalam kehidupannya, karena komunikasi sangat penting di dalam kehidupan bermasyarakat.

Seperti misalnya para internet marketer, narablog, blogger, dan juga sekarang toko online semakin mempunyai tempat di mata para konsumen yang sedang mencari barang tertentu.

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan, pengguna internet di Indonesia hingga saat ini telah mencapai 82 juta orang. Perkembangan teknologi sekarang ini telah banyak menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Banyak hal dari sektor kehidupan yang telah menggunakan keberadaan dari teknologi itu.

Media sosial atau jejaring sosial menjadi platform yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Jejaring sosial yang tersedia terkadang memiliki beberapa perbedaan. Beberapa media sosial hanya berfokus pada pertemanan seperti Facebook, Path, Instagram, dan Twitter, ada pula yang khusus untuk mencari dan membangun relasi seperti yang ditawarkan Linkedin. Selain itu tersedia pula media yang lebih pribadi seperti electronic mail (e-mail) dan pesan teks. Search engine seperti Google dan Yahoo pun dapat diberdayakan. Dengan cara ini para pelaku usaha juga dapat memanfaatkan media blog maupun website pribadi.

Digital marketing menjadi salah satu media yang sering digunakan oleh pelaku usaha karena kemampuan baru konsumen dalam mengikuti arus digitalisasi, beberapa perusahaan sedikit demi sedikit mulai meninggalkan model pemasaran konvesional/dan beralih ke pemasaran moderen. Dengan digital marketing komunikasi dan transaksi dapat dilakukan setiap waktu/real time dan bisa di akses ke seluruh dunia, seseorang juga dapat melihat berbagai barang melalui internet, sebagian besar informasi mengenai berbagai produk sudah tersedia di internet, kemudahan dalam pemesanan dan kemampuan konsumen dalam membandingkan satu produk dengan produk lainnya.(*)