Stok Darah Cukup Selama Ramadan

MENUNJUKKAN. Salah satu petugas PMI Temanggung menunjukan stok darah di PMI setempat,

MAGELANGEKSPRES.TEMANGGUNG – Sebanyak 85 pos donor darah di Kabupaten Temanggung siap memenuhi kebutuhan darah selama bulan Ramadan 1442 H.

Kepala Markas PMI Kabupaten Temanggung Sri Rejeki mengatakan, 85 pos donor darah tersebut tersebar di 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Temanggung. Secara bergiliran ke 85 pos donor darah ini selalu rutin mendonorkan darahnya.

“Di semua kecamatan ada pos donor darah, bahkan setiap kecamatan lebih dari satu pos donor darah, paling banyak di kota Temanggung lebih dari 5 pos donor darah,” terangnya, Kamis (15/4).

Selain pos donor darah, pihaknya juga bekerjasama dengan pengurus gereja, dan warga non muslim lainnya untuk menyumbangkan darahnya selama bulan Ramadan. Meskipun lanjutnya, warga muslim tetap melakukan donor darah saat sudah memasuki buka puasa,.

Baca Juga
Harga Beras di Temanggung Turun

“Berbagai upaya kami tempuh, agar pasokan darah di PMI Temanggung selalu siap untuk masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Untuk mengantisipasi kekurangan darah selama bulan Ramadan ini, pihaknya mengingatkan pada pos-pos darah yang ada untuk menjadwal pengambilan donor darah.

Biasanya lanjut Sri, kekurangan darah terjadi pada pertengahan Ramadan hingga menjelang Idul Fitri. Penyebabnya permintaan dari masyarakat meningkat sementara kegiatan donor darah berkurang.

Sri Rejeki menyebutkan di awal ramadan stok darah masih terbilang aman. Sebelum Ramadan, warga atau sejumlah komunitas telah lebih dahulu donor darah, sehingga di Ramadan bisa lebih khusuk beribadah. Meski donor darah di siang hari tidak terlalu berpengaruh pada puasa.

Disebutkan, stok darah di PMI pada Kamis, untuk golongan darah A sebanyak 36 kantong, B sebanyak 72 kantong, O sejumlah 113 kantong dan AB 35 kantong. Ketersediaan itu baik yang darah lengkap, trombosit dan sel darah merah.

Artikel Menarik Lainnya :  17.639 Pekerja Swasta di Temanggung Telah Divaksin Covid-19

Staf PMI, Tasrif menambahkan, donor darah di Ramadan, untuk komunitas muslim banyak dilakukan pada malam hari, yakni setelah solat tarawih. Tetapi untuk yang non muslim biasanya di siang hari.

“Harapan kami bagi masyarakat yang sedang tidak menjalankan ibadah puasa, dengan kerelaanya melakukan donor darah,” harapnya. (set)