Sosialisasi SMKN 3 Magelang Sebagai SMK PK

Sosialisasi SMKN 3 Magelang Sebagai SMK PK
PRESENTASI. Dr Fitri Rahmawati MP, pendamping dari UNY sedang presentasi tentang SMK Pusat Keunggulan. (Foto dokumentasi SMK 3 Magelang)

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – SMK Negeri 3 Magelang kembali terpilih menjadi SMK Pusat Keunggulan (PK) berdasarkan keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Nomor : 22/D/O/2021 tanggal 20 April 2021 tentang penetapan Sekolah Menengah Kejuruan pelaksana SMK Pusat Keunggulan tahun 2021 Tahap 1. Sebagai tindak lanjut dari hal tersebut, pada Senin 23 Agustus 2021 diselenggarakan Sosialisasi dan Koordinasi Program Pengembangan SMK Negeri 3 Magelang sebagai SMK PK bertempat di aula sekolah setempat.

Sehubungan dengan masa pandemi Covid-19, acara dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) via zoom meeting dan luring (luar jaringan) dengan protokol kesehatan yang ketat.

Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB dengan pembacaan basmallah yang dipimpin oleh Maesaroh SPd selaku pembawa acara. Dilanjutkan menyanyikan Indonesia Raya dan berdoa yang dipimpin oleh Sarjono SPd secara daring.

Plt Kepala SMK Negeri 3 Magelang, Mila Yustiana SPd MMPar dalam sambutannya menyampaikan perjalanan panjang yang ditempuh sekolah ini untuk menjadi SMK PK mulai dari tahun 2017 terpilih menjadi SMK Revitalisasi, tahun 2020 terpilih menjadi SMK Center of Excellence (CoE), serta tahun 2021 ditunjuk menjadi SMK PK.

SMK Negeri 3 Magelang membuka dua bidang keahlian, yaitu Pariwisata dan Seni dan Ekonomi Kreatif. Bidang Pariwisata dengan tiga program keahlian yaitu Perhotelan, Kuliner dan Kecantikan dan Spa. Sedangkan bidang seni dan ekonomi kreatif dengan dua program keahlian, yakni Broadcasting dan Perfilman serta Busana.

“Program keahlian kuliner yang ditunjuk dengan pendampingan dari Universitas Negeri Yogyakarta,” tambahnya.

DR Nikmah Nurbaity SPd MPdBI Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII berkenan membuka acara secara resmi.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan selamat kepada SMK Negeri 3 Magelang yang terpilih oleh Direktorat SMK menjadi SMK PK.

Artikel Menarik Lainnya :  Implementasi Link & (Super) Match SMK Pusat Keunggulan

“SMK PK merupakan sekolah yang aman dan nyaman untuk belajar,” tuturnya.

Narasumber dari UNY, Dr Fitri Rahmawati MP, mengatakan SMK PK didampingi perguruan tinggi dengan harapan lulusan SMK yang mempunyai proyeksi melanjutkan ke perguruan tinggi bisa langsung masuk ke Diploma IV atau S1 di perguruan tinggi tersebut.

“Hubungan sinergi antara Perguruan Tinggi, Dunia Usaha Dunia Industri dan Dunia Kerja ( DUDIKA) dan SMK Negeri 3 Magelang untuk lebih memajukan sekolah ini,” katanya.

Narasumber yang lain, seorang praktisi pendidikan dari Direktorat SMK, Bapak Ramelan. Beliau menyampaikan pentinya link and match antara sekolah dengan DUDIKA.

Hadir dalam acara tersebut para pimpinan DUDIKA baik secara luring maupun daring yang bekerja sama dengan SMK N 3 Magelang, komite sekolah, dan bapak/Ibu guru sekolah ini.

DUDIKA yang menjalin kerja sama dengan SMK Negeri 3 Magelang di antaranya D’Cahayu Cake and Bakerry Kab Magelang, Hotel Atria Kota Magelang, Hotel Sriti Kota Magelang, Ria Salon Borobudur Kab Magelang, Griya SPA Putri Kedaton Yogyakarta, Omah Tjilik House of Kebaya Kab Wonosobo, Butik Menik Menik Kota Magelang, Motion Creative Kab Magelang, dan Dimensi Videography Kab Magelang. (tim jurnalistik skaniga umi khayah R)