Sosialisasi Program One GM Hotel for One School

0
324
SMKN 3 MAGELANG
PROGRAM. Sosialisasi Program One GM Hotel for One School di EduHotel Citra SMK Negeri 3 Magelang

MAGELANG – Kegiatan Sosialisasi Program One GM Hotel for One School merupakan kelanjutan dari kegiatan penandatanganan MOU antara Kepala Sekolah SMK Pariwisata di wilayah VIII, dengan Indonesian Hotel General Manager Asossiation (IHGMA) sebelumnya, 6 Maret 2019 lalu.

Kegiatan yang dilaksanakan di EduHotel Citra SMK Negeri 3 Magelang ini di hadiri oleh Hadi Sutrisno SE CHA, selaku Ketua Asosiasi SMK Pariwisata, M Zubaidi perwakilan dari Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII, beberapa Anggota perwakilan IHGMA dan kepala sekolah beserta wakilnya dari 14 SMK Pariwisata di wilayah VIII.

Adapun 14 SMK Pariwisata wilayah VIII antara lain SMK N 3 Magelang, SMK Wiyasa Kota Magelang, SMK Pius X Magelang, SMK Ganesa Satria, SMK Swadaya Temanggung, SMK N 2 Temanggung, SMK HKTI Temanggung, SMK Putra Bangsa, SMK N 2 Purworejo, SMK N 3 Purworejo, SMK Islam Sudirman Grabag, SMK Muh Salaman, SMK Muhamadiyah 2 Borobudur dan SMK Ma’arif Borobudur.

Dalam materi yang disampaikan, Hadi Sutrisno menekankan bahwa diperlukan adanya suatu sinkronisasi antara pembuatan struktur kurikulum suatu pembelajaran dengan implementasinya di dunia insdustri. Sehingga hal tersebut akan memudahkan peserta didik saat mengaplikasikan keahliannya sesuai dengan kebutuhan industri.  Sementara itu kendala terbesar untuk saat ini adalah kemampuan bahasa Inggris.

“Kemampuan bahasa Inggris peserta didik masih belum cukup untuk bekal mereka terjun ke dunia industri yang sebenarnya,” ujarnya.

Program “One GM One SMK” adalah Implementasi dari program 3 C (Curriculum, Certification, dan Centre of Excellence) serta implementasi SMK Revitalisasi sesuai dengan INPRES No. 9 Tahun 2016. Di mana salah satu kelemahan yang masih ada secara umum di semua SMK Pariwisata adalah sangat kurangnya SDM Guru yang berasal dari industri dan praktisi, sehingga standar yang diajarkan kepada siswa/i di SMK masih sangat jauh dari standar yang diharapkan di Industri.

Kegiatan One GM One SCHOOL merupakan kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh seorang GM Hotel kepada satu atau lebih SMK Pariwisata dengan harapan mampu terciptanya tenaga kerja yang memiliki kompetensi unggulan. Dalam teknis kegiatan pendampingan tersebut seorang GM akan siap menjadi guru/trainer, pembina, dan fasilitator yang menstandarkan SMK Pariwisata sesuai dengan standar di industri secara langsung.

Dalam akhir kegiatan Chandra selaku perwakilan dari anggota IHGMA membacakan pembagian GM yang akan membimbing beberapa SMK Pariwisata di Wilayah VIII. Adapun tambahan dan perubahan akan diputuskan kembali melalui rapat internal yang akan dilaksanakan pada awal bulan September mendatang. (rilis/adv)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here